Tak Ada Roling Pejabat Sebelum Pemilu

 142 total views,  2 views today

pemilu

MUARA ENIM – Wakil Bupati Muaraenim, Nurul Aman memastikan tidak akan ada mutasi atau roling pejabat baik eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, hingga selesainya pelaksanaan pemilihan umum legislatif (Pileg), 9 April mendatang.

“Saya rasa hingga selesai Pileg nanti, belum akan ada roling, mutasi dan pelantikan pejabat,” tutur Nurul Aman saat dibincangi seusai melantik dan mengambil sumpah 106 pejabat eselon III dan IV di jajaran Pemkab Muaraenim, Selasa (25/2).

Meskipun menurutnya, mutasi atau rolling jabatan dalam struktur organisasi pemerintahan tidak ada kaitan dengan pelaksanaan Pemilu legislatif, namun itu tidak akan dilaksanakan sebab Pemkab Muaraenim akan fokus untuk mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Namun menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres), apakah akan ada rolling atau mutasi di lingkungan Pemkab Muaraenim, ia belum bisa memastikan. “Kalau itu akan dilihat nanti, itu juga tergantung dengan kebijakan dari bupati bersama dengan BKD,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Muaraenim, untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis misalnya dalam bentuk dukung mendukung terhadap calon anggota legislatif (caleg), calon anggota DPD atau lainnya. Jika ditemukan ada PNS yang terlibat politik praktis, ia memastikan akan ada sanksi yang diberikan. “Sanksi nya sesuai dengan aturan,” tegasnya.

Sementara itu, dalam arahannya usai melantik para pejabat baru di lingkungan Pemkab Muaraenim, Nurul Aman mengingatkan mereka untuk bekerja semaksimal  mungkin. Sebab kata dia, akan ada evaluasi yang dilakukan terhadap kinerja semua PNS.

Ia menyebut, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, akan mulai diberlakukan secara efektif di Muaraenim mulai tahun ini. “Evaluasi akan dilakukan berdasarkan target yang ditetapkan, ukuran prestasi kerja ini meliputi aspek kualitas, kwantitas, waktu dan biaya. Tujuannya adalah agar tercipta PNS yang profesional, bertanggung jawab jujur serta adil,” terangnya.

Nurul Aman menambahkan, penunjukan pejabat baru di lingkungan Pemkab Muaraenim tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kapasitas diantaranya, kompetensi, integritas, moralitas serta pendidikan dan pelatihan. “Itu juga dengan mempertimbangkan komitmen dan tanggung jawab, terhadap tugas yang sudah diemban selama ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Muaraenim, Herawati mengatakan, jumlah pejabat yang dilantik kemarin meliputi pejabat eselon III/a sebanyak 3 orang. Eselon III/b sebanyak 11 orang, eselon IV/a sebanyak 62 orang. Kemudian eselon IV/b sebanyak 28 orang. “Jumlahnya sebanyak 106, mereka menduduki jabatan diantaranya sekretaris dinas, kepala bidang, kepala sub bagian dan  kepala seksi,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster