Surat Suara Pileg Belum Juga Datang

 116 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Surat suara untuk pemilihan umum legislatif (Pileg), 9 April mendatang sampai saat ini belum juga diterima Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kota Palembang. Surat suara untuk Palembang sendiri, di cetak oleh Media Grafika, Medan.

“Palembang masih menunggu surat suara, kemungkinan lebih awal. Siang tadi dapat informasi, pengiriman dijadwalkan berangkat dari percetakan di Medan tanggal 26 Februari (hari ini,red),” kata ketua KPU Palembang, Abdul Karim Nasution yang dibincangi di sela-sela pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) Relawan Demokrasi, Selasa (25/2) di Hotel Swarna Dwipa, Palembang.

Menurut Karim, nantinya pengiriman surat suara Pileg untuk ke KPU Palembang akan dilakukan dua gelombang, dimana gelombang pertama pada 26 Februari, dan gelombang kedua pada 5 atau 6 Maret mendatang.

“Pengiriman pada tanggal 26 tidak keseluruhan, dimana pada pengiriman pertama ini meliputi surat suara Dapil (daerah pemilihan) 1, 2 dan 6. Sementara Dapil 3,4 dan 5 berkisar tanggal 5 atau 6 Maret. Namun surat suara DPD/DPR RI dan DPRD provinsi, bisa saja di pengiriman pertama atau kedua,”ujarnya.

Komisioner KPU Palembang Divisi Logistik dan Keuangan, Rudi Yanto Pangaribuan menambahkan, hingga sekarang pihaknya sudah menerima sampul, tinta, gembok, dan alat tulis kantor, kecuali beberapa fomulir yang akan digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

Sementara kotak surat suara, lanjut Rudi, juga sudah ada dan saat ini masih ditempatkan di gudang KPU, termasuk kotak suara dan bilik suara yang terbuat dari bahan kardus kedap air. Distribusi logistik Pemilu 2014 ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS), lanjut Rudi, menunggu instruksi dari KPU Provinsi Sumsel.

Rudi menambahkan bahwa hingga saat ini untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) masih dalam tahap perekrutan dan ditargetkan sudah terisi H-7 sebelum dilakukan pencoblosan, pada 9 April. “Setelah perekrutan, tahap berikutnya adalah pelantikan KPPS,” bebernya.

Personel KPPS tersebut merupakan perekrutan baru, sehingga petugas yang sebelumya KPPS dapat kembali mengikuti seleksi. ”Secara keseluruan TPS di Kota Palembang sudah siap dan tinggal menunggu distribusi logistik,” tegas Rudi.

Sementara Komisioner KPU Sumsel Divisi Logistik dan Keuangan, Heni Susantih menjelaskan, dari 15 KPU kabupaten/kota di Sumsel, tinggal dua KPU lagi yang belum menerima logistik surat suara Pileg dari percetakan.  “Daerah yang belum, OKU Timur dan Palembang, sementara 13 KPU Kabupaten/kota lainnya sudah menerima,”ucapnya.

Meskipun begitu Heni menerangkan, jika ada laporan dari KPU daerah yang mengalami kekurangan surat suara yang dikirim, tetapi telah dibuat berita acara dan dilaporkan ke KPU pusat untuk segera diatasi. “Memang ada sedikit kendala, tapi Insya Allah bisa teratasi segera, dan telah dilaporkan. Nanti kita tanggal 28 Februari,  akan gelar rakor logistik di KPU Sumsel,” tukasnya.

 

TEKS              :  DICKY WAHYUDI

EDITOR           : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster