Pengelola Parkir Harus Sediakan Asuransi

 284 total views,  2 views today

Ilustrasi Parkir

Ilustrasi Parkir

PALEMBANG – Tingginya tarif parkir di sejumlah mal yang ada di Kota Palembang, harusnya diikuti dengan peningkatan keamanan dan kenyamanan. Kenyataanya, itu belum dilakukan oleh pengelola parkir di mal. Buktinya, pencurian kendaraan bermotor (curanmor) pun masih sering terjadi di areal parkir mal.

Karenanya menurut Ketua Komisi II DPRD Kota Palembang, Aidil Adhari, pengelola parkir harus memberikan kompensasi atas mahal nya biaya parkir di mal saat ini.  “Misalnya ada asuransi kehilangan kendaraan, ganti rugi, dan jaminan lainnya,” kata Aidil dibincangi, Selasa (25/2).

Aidil menyebut, saat ini seluruh mal yang ada di metropolis belum memiliki asuransi bagi pengunjung mal. Harusnya jelas dia, pengelola mal menyediakan fasilitas tersebut. “Siapa yang harus bertanggung  jawab jika pengunjung kehilangan kendaraan, pengusaha seharusnya sadar hal itu, karena tarif masuk mal sekarang sangat tinggi,” jelasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang Nomor 17 tahun 2010, tarif parkir kendaraan roda Rp 1000. Sementara untuk roda empat Rp 2000. Namun mal-mal di Palembang, menerapkan sistim parkir progresif.

Untuk sepeda motor Rp 2000 untuk satu jam pertama, setelah itu berlaku kelipatan. Begitu dengan kendaraan roda empat Rp 3000 untuk satu jam pertama. Mahalnya tarif  parkir ini, dikeluhkan oleh masyarakat.

Yudiansyah (33), warga Jalan KH Wahid Hasyim, Kertapati ini misalnya. Ia mengaku, tarif parkir yang ditarik pengelola parkir di mal saat ini sudah sangat memberatkan. “Untuk kendaraan roda empat, satu jam pertama Rp 3000. Melebihi itu, diberlakuan tarif kelipatan yakni Rp 1000 per jam,” keluhnya.

Kenaikan tarif parkir itu sambungnya, tidak diikuti dengan peningkatan pelayanan. Keamanan kendaraan sebut Yudi, tidak terjamin.  “Pemerintah harusnya memberikan sanksi, karena melanggar perda,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster