Kabid BPMD OKI Diperiksa Terkait Dugaan Ijazah Palsu Kades

 318 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) BPMD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), H Zulfikri Sip, diperiksa Polres OKI.
Pemeriksaan Zulfikri, terkait dugaan penggunaan ijazah palsu oleh Kepala Desa Sungai Sodong, Makonah di Pilkades di desa setempat, atas  laporkan lawannya Cican ke Polres OKI beberapa waktu lalu.

Kabid PMD Zulfikri, saat dikonfirmasi Selasa (25/2) membenarkan dirinya dipanggil pihak Polres terkait dugaan penggunaan ijazah palsu oleh kades Makonah saat pertarungan pilkades di Desa Sungai Sodong beberapa waktu lalu. Namun sayang, ketika ditanya tentang pemeriksaan yang dilakukan terhadapnya Zulfikri enggan berkomentar lebih jauh.

“Maaf saya tidak bisa menjelaskan tentang itu, tanya saja langsung ke Polres, karena mereka lebih berwenang,” kata Zulfikri.

Kapolres OKI, AKBP Erwin Rachmat Sik, melalui Kasatreskrim, AKP Surachman Sik, membenarkan pihaknya telah memanggil Zulfikri untuk dimintai keterangan terkait laporan dugaan penggunaan ijazah palsu oleh kades Makonah. Menurut dia, dari hasil pemeriksaan ijazah yang digunakan Makonah dipastikan asli.

Hanya saja, yang menjadi persoalan pihaknya akan menyelidikan dari mana Makonah cara mendapatkan ijazah tersebut, mengingat berdasarkan laporan dari Cican yang merukapakan lawannya yang bersangkutan tidak pernah mengenyam pendidikan di sekolah tempat dikeluarkannya ijazah tersebut.

“Kita bingunng menjerat mata pasal mana yang akan kita kenahkan kepada yang bersangkutan,” ungkapnya.

Adapun dari pemberitaan sebelumnya, pelaksanaan pilkades di Sodong dinilai cacat hukum, karena pihak BPMD tidak lagi melakukan verifikasi pemberkasan para calon. Tiba-tiba pelaksaan kades dilaksanakan secara mendadak oleh panitia yang terkesan dipaksakan. Akibat demikian pihak lawan dalam pilkades melaporkan hal ini ke polisi atas dugaan penggunaan ijazah palsu oleh kades terpilih Makonah.

 

TEKS         : DONI AFRIANSYAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster