Dewan Kritik BPJS Kesehatan

 167 total views,  2 views today

Tampak petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sedang melayani warga di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Kamis (2/1). Selain antrian yang cukup panjang warga juga mengeluhkan minimnya sosialisasi tentang ini, sehingga kebanyakan warga masih bingung untuk menggunakan layanan yang resmi diluncurkan 1 januari lalu. Foto : Bagus Kurniawan/KS

Tampak petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sedang melayani warga di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH)

PALEMBANG – DPRD Sumsel mengkritik program yang dilaksanakan BPJS Kesehatan, lantaran kinerja BPJS yang dinilai lambat melakukan sosialisasi. Pembayaran premi dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN), juga dituding memberatkan masyarakat.

Kritik ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Sumsel, HA Djauhari saat memimpin kunjungan kerja (kunker) dalam reses DPRD Sumsel dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel I (Palembang).

“Premi yang harus dibayarkan sebulan mencapai Rp 42 ribu, cukup memberatkan. Jika ia memiliki lima anak, berapa premi yang harus ia bayar dalam satu bulan. Karena Sumsel selama ini, sudah berhasil melaksanakan program berobat gratis yang lebih mudah,” kat Djauhari, kemarin.

Menurut Djauhari, justru program Jamsoskes Sumsel Semesta pelaksanaanya lebih baik dibanding dengan JKN yang diselenggarakan BPJS.  Jamsoskes Sumsel Semesta sebutnya, dinilai sangat memudahkan dan menguntungkan masyarakat dari pada program BPJS.

Sementara itu anggota DPRD Sumsel, Anita Noeringhati menilai yang sama. Menurutnya sosialisasi BPJS, sangat kurang terutama masyarakat di bawah. “Selama lima tahun Sumsel dienakkan programn Jamsoskes Sumsel semesta sehinga tida perlu bayar premi dan gratis, adanya program JKN yang diselenggarakan BPJS sudah membingungkan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Divre III BPJS Kesehatan (Sumsel, Babel, Lampung dan Bengkulu), H Handaryo menyebut, sosialisasi JKN berdasarkan Undang-Undang (UU) adalah kewajiban semua pihak di Indonesia.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster