Bilik Suara Di PALI Pakai Kardus

 281 total views,  4 views today

Ketua KPUD Muara Enim, Rohaini SH

Ketua KPUD Muara Enim, Rohaini SH

PALI – Lantaran kurang, sebanyak  1.474 bilik suara yang terbuat dari kardus terpaksa digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Muara Enim dalam Pemilihan Legislativ (Pileg),  2014 mendatang.

Ketua KPUD Muaraenim Rohaini SH didampingi Divisi Logistik Eko Suprianto SE, mengatakan pihaknya terpaksa mengisi kekurangan bilik suara tersebut dengan menggunakan kardus.

“Kardus tersebut bukan KPU Muara Enim yang membuat melainkan melalui KPU Sumsel. Kami hanya menerima barang saja,” tuturnya.

Ia menambahkan, bilik suara yang terbuat dari kardus hanya digunakan di daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).  Sedangkan di wilayah Kabupaten Muaraenim, masih menggunakan bilik suara lama yang terbuat dari alumunium.

“Kita sengaja kumpulkan di wilayah Kabupaten PALI supaya mempermudah pengaturannya, jika di sebar bisa sulit nanti,” ujar Rohaini.

Adapun penyebab kekurangan bilik suara tersebut, lanjut Rohaini, akibat ada beberapa kecamatan pada saat pemilihan kepala daerah lalu belum mengembalikan bilik suara tersebut ke KPU Muaraenim.

“Selain itu juga, ada bilik suara yang telah rusak karena memang sudah berkali-kali digunakan untuk Pileg, Pilkada dan Pilpres,” katanya.

Untuk saat ini, sambung Rohaini, pihaknya sedang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pileg DPRD tingkat Kabupaten.

“Untuk jumlah TPS di Kabupaten Muaraenim sebanyak 1.377 TPS yang tersebar di lima dapil. Setiap TPS akan ada empat bilik suara. Untuk kotak suara dan bilik suara cukup, sebanyak 5.508 bilik suara biasa akan kita gunakan selain tambahan 1.474 suara bilik suara yang terbuat dari kardus yang akan di gunakan di Dapil II yakni Kabupaten PALI,” pungkasnya.

 

Teks/Foto    : Indra Setia Haris

Editor            : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster