3.500 Akta Kelahiran tak Diambil

 362 total views,  2 views today

akta

Ilustrasi Akta Kelahiran

PALEMBANG – Sebanyak 3.500 lembar akta kelahiran yang sudah dicetak, menumpuk di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palembang. Ribuan akta kelahiran tersebut, belum diambil oleh pemiliknya.

Kepala Disdukcapil Palembang, Ali Subri mengatakan, jumlah akta kelahiran yang tak diambil itu sebenarnya sudah berkurang. Tetapi karena setiap harinyam, permohonan pembuatan akta kelahiran selalu ada, maka jumlahnya tidak berkurang secara signifikan.

“Ada sekitar 3.500 lagi, akta belum diambil. Kami juga, tidak mengetahui alasan warga yang belum mengambil akta kelahiran ini. Padahal pembuatannya sudah lama selesai,” kata Ali dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (25/2).

Ali mengaku, pembuatan akta kelahiran ini, akan mengalami peningkatan di periode-periode tertentu. Misalnya saat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), atau saat tahun ajaran baru.  “Sementara untuk hari biasa, warga yang datang untuk membuat akta kelahiran cenderung normal, yakni sekitar 10-20 warga yang mengurus akte setiap harinya,” akunya.

Ali berharap, agar masyarakat dapat menghilangkan budaya pembuatan akta kelahiran musiman tersebut. Karena menurutnya, kalau hanya saat-saat tertentu saja yang ramai, hal tersebut membuat antrian. “Yah, kalau berbarengan otomatis akan panjang antrian, seperti ada penerimaan CPNS tahun lalu. Banyak sekali para pencari kerja, yang baru membuat akta kelahiran,” bebernya.

Selain itu, Ali menghimbau kepada warga di metropolis yang sudah lama mengajukan permohonan pembuatan akta kelahiran dan sudah selesai, dapat segera diambil ke Disdukcapil.

“Hal tersebut, agar masyarakat bisa segera mengurus keperluan yang membutuhkan akta kelahiran. Selain juga mengurangi penumpukan berkas di Disdukcapil. Semua itu demi pelayanan yang prima, kepada masyarakat,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster