Soal UN 2014 Ada 60 Varian

 228 total views,  2 views today

Ilst. UN | Net

Ilst. UN | Net

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang menghimbau bagi seluruh kepala sekolah di metropolis, untuk mempersiapkan pelajar dalam menghadapi ujian Nasional (UN).

Kepala Seksi Kurikulum Disdikpora Palembang, Surmana mengatakan, UN tahun 2014 ini, menggunakan 60 varian soal yang akan dihadapi pelajar. “Suasana soal UN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, jadi disinilah tugas para guru untuk memaksimalkan pelajar di kota ini dalam melaksanakan UN,” ungkapnya, Senin (24/2).

Surmana menyebutkan, 60 varian soal bagi pelajar tersebut, disiapkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Model soal UN tersebut bukan hanya dilaksanakan di Indonesia saja, melainkan di seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia,” sebutnya.

Surmana mengaku, dengan adanya sistem baru dalam UN ini, bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan agar pelajar mampu berkompetisi dalam negeri maupun dunia pendidikan internasional. “Pengakuan pendidikan itu perlu, pemerintah pusat juga berharap agar pendidikan Indonesia diakui tingkat internasional,” ujarnya.

Surmana menambahkan, sebelumnya variasi soal UN hanya 20 varian soal, katanya, di tahun ini bertambah 40 varian. “Jadi jumlah totalnya 60 varian, walaupun demikian, kami akan berupaya agar para pelajar tidak cemas dan menakutkan menghadapi UN tahun ini,” ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata Surmana adalah dengan cara evaluasi dan menganalisis soal-soal UN yang sudah diujikan sebelumnya. Siswa juga dapat menambah jam belajar mengikuti bimbingan belajar.

“Untuk standar kelulusan masih tetap seperti UN tahun lalu dengan nilai 6.0, sementara untuk teknis penilaian juga menggunakan sistem perimbangan yaitu 60 persen nilai diambil dari ujian nasional dan 40 persen diambil dari nilai raport,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster