Pagaralam-Lahat Hanya 30 Menit

 289 total views,  2 views today

PAGARALAM – Liku Endikat maupun Liku Lematang Indah yang merupakan kawasan wisata dan  pintu masuk ke Bumi Besemah, sejauh ini kondisinya dinilai kurang efektif dalam menunjang roda  perekonomian dan lainnya. Meski begitu, agar dapat semakin mempermudah kedatangan wisatawan untuk masuk ke kota ini, Pemkot Pagaralam dan Pemerintah Pusat  akan membangun jembatan layang.

“Selain jalan curam dan berliku berikut jarak tempuh yang jauh, kondisi ini dinilai kuarang efektif untuk menarik minat penggunjung yang ingin mengenal lebih jauh Kota Pagaralam. Sebab itu, Pemerintah Kota Pagaralam akan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat untuk membangun jembatan layang,” kata Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, Senin (24/2).

Menurutnya, sejauh ini wisatawan yang masuk ke Kota Pagaralam tergolong menurun, mengingat jarak tempuh dan kondisi akses jalan yang curam juga berliku hingga menguranggi minat pengunjung untuk datang kembali setelah melintas di jalur tersebut. Kendati demikian, dalam waktu dekat ini Pemkot bekerja sama dengan pihak pemerintah pusat akan membangun jembatan layang dikawasan Liku Endikat dan Lematang Indah.

“Rencananya jembatan ini akan dibangun sepanjang 300 meter sehingga jarak tempuh antara Pagaralam-Lahat dapat lebih singkat sekitar 30 menit saja. Semua ini kita upayakan selain memperpendek jarak tempuh, termasuk pula menarik minat pengunjung agar dapat megetahui lebih jauh lagi kondisi alam Pagaralam,” jelasnya.

Lanjutnya, kondisi jalan lintas Pagaralam-Lahat sejauh ini dalam kondisi baik, tapi ada beberapa titik jalan dinilai cukup ekstrim dengan tepian jalan banyak terdapat jurang cukup dalam. Seperti dikawasan Liku Endikat dan kawasan objek wisata Lematang Indah.

“Bila pembangunan jembatan layang tereralisasi, maka kondisi jalan berliku akan terpotong dan jarak tempuh akan lebih pendek,” ujarnya seraya berharap semoga program ini dapat terwujud dengan baik  demi kepentingan bersama

Sebelum diterapkan pembangunan (action physics) ditambahkan Ida,  dalam waktu dekat pihak Dirjen Bina Marga akan melakukan study kelayakan dan UKL UPL terhadap jalan negara dimaksud.

“Rencananya awal Maret nanti akan dilakukan survei awal terhadap Jembatan Lematang Indah. Sedangkan Liku Endikat akan direncanakan kedepan, mengingat jalur tersebut melewati dua daerah yakni Kota Pagaralam dan Kabupaten Lahat,” kata Ida seraya berujar  Bupati Lahat menyambut baik program dimnaksud berikut  bersedia untuk bekerja sama.

 

TEKS         : ANTONI STEFEN

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster