Dewan Uji Publik Dua Raperda

 148 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (24/2), melakukan uji publik terhadap dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Kedua raperda yang di uji publikkan tersebut yakni Raperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan dan Raperda tentang Pengelolaan Sampah.

Kedua raperda itu di uji publikkan di aula DPRD Sumsel, lantai III. “Dalam uji publik ini, kita bekerjasama dengan Lembaga Penelitian (LP) Unsri,” kata Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Sumsel, Ahmad Yani.

Dalam uji publik ini, peserta mendengarkan dan mendiskusikan draf raperda yang disusun LP Unsri. Bertindak sebagai nara sumber, Ir Bakri MP yang memaparkan draf Raperda Perlindungan Lahan Pertanian dan Dr Momon Sadik Imanuddin yang membahas Raperda Pengelolaan Sampah.

“Dua raperda itu, adalah raperda inisiatif dewan. Ada enam raperda inisiatif, yang masuk Prolegda tahun ini. Namun baru dua, yang di uji publikkan. Empatnya menyusul,” kata Yani.

“Raperda Perlindungan Lahan Pertanian mengatur dan melindungi, agar lahan pertanian di Sumsel tidak beralih fungsi. Sementara Raperda Pengelolaan Sampah disusun, agar pengelolaan sampah di Sumsel, bisa dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan,” ujarnya.

Setelah di uji publikkan, dua raperda ini menurut Yani, akan dibahas dalam masa sidang DPRD Sumsel untuk diproses menjadi perda. (adv)

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster