Banyak Drainase Ditutup Pemilik Ruko, Dinas PU BM dan PSDA Akan Bongkar Paksa

 361 total views,  2 views today

PALEMBANG – Banjir yang sering terjadi di kawasan Pasar Tradisional 16 Ilir Palembang, tepatnya di Lorong Gajah, Kelurahan 16 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT I), di keluhkan warga.

Kepala Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Palembang, Bastari Yusak menyebut, banjir tersebut disebabkan banyaknya drainase yang ditutup oleh pemilik rumah toko (ruko) di kawasan 16 Ilir. “Tapi, warga tidak perlu khawatir lagi, karena cor beton yang menutup drainase tersebut sudah hancurkan atau di bongkar,” katanya, Senin (24/2).

Menurut Bastari, apapun kegiatan pengusaha yang dianggap mengganggu warga, akan segera ditegur, bahkan langsung dibongkar. “Kegiatan pembongkaran saluran yang menutup akses aliran air pada jalan masuk warga, akan kami intensifkan, kedepan akan terus dilakukan sepanjang jalan yang ada di Palembang ini,” ujarnya.

Bastari menghimbau, bagi masyarakat Palembang yang merasa terganggu dengan masalah seperti itu, tidak perlu takut dan khawatir. Warga diminta langsung melapor ke PU BM dan PSDA. “Silahkan lapor saja, tidak perlu takut, karena hal tersebut menjadi kepentingan masyarakat banyak,” katanya.

Lebih jauh Bastari menjelaskan, pembongkaran saluran penutup drainase ini juga, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir. Karena sejumlah kawasan di kota ini, jika turun hujan air akan mengenangi rumah milik warga hingga 1-2 hari.

“Penutupan drainase seharusnya tidak boleh dilakukan, karena hal tersebut akan patal, seharusnya dilakukan pembangunan jembatan sehingga tidak menganggu saluran air. Kedepan, kami juga akan melakukan pembongkaran saluran yang memang dianggap menggangu dan membuat permasalahan banjir,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR           : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster