Pembentukan Muba Timur Menguat

 156 total views,  4 views today

muba

 

Panitia Pembentukan Muba Timur Terbentuk

MUBA – Wacana pembentukan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Timur, yang berada di kawasan Sungai Lilin dan sejumlah kecamatan lainnya, sudah lama bergulir. Namun akhir-akhir ini wacana tersebut, semakin santer terdengar di masyarakat.

Bahkan, Jumat (21/1) lalu, terbentuk Panitia Pembentukan Kabupaten Muba Timur, yang di ketuai Ust Srifajen. Panitia Pembentukan Kabupaten Muba Timur ini, disepakati oleh 50 tokoh masyarakat di Masjid Agung Darusallam, Sungai Lilin, Muba.

“Ada beberapa kecamatan, yang masuk dalam Muba Timur yakni Sungai Lilin, Bayung Lincir, Lalan, Kluang, Babat Supat dan Tungkal Jaya, “ kata Srifajen, Ketua Panitia Pembentukan Kabupaten Muba Timur ketika dibincangi, kemarin.

Ia menerangkan, kecamatan-kecamatan yang masuk wilayah Muba Timur tersebut dalam sejarahnya, hanya ada satu kecamatan yakni Sungai Lilin. Namun perkembangannnya, kemudian Sungai Lilin mekar menjadi beberapa kecamatan.  “Artinya, dari beberapa kecamatan tersebut semuanya berasal dari Marga Dawas dan Supat. Dari sejarah, artinya Muba Timur sangat layak untuk dibentuk,”  jelasnya.

Sementara itu, Syamsuri Datuk Bagindo, salah satu tokoh masyarakat Muba Timur menambahkan, Muba sudah sepantasnya dimekarkan kembali menjadi Kabupaten Muba Timur.

Sebab kata Syamsuri, wilayah Muba yang begitu luas akan menyulitkan untuk pemerataan pembangunan dan percepatan kesejahteraan masyarakat. “Muba Timur, sudah selayaknya untuk dibentuk. Sebab secara potensi, baik dari ekonomi, penduduk dan jumlah kecamatan sudah memenuhi syarat,” ujarnya.

Secara ekonomi sambungnya, potensi ekonomi di wilayah ini tidak hanya dari sektor minyak dan gas (migas) saja tetapi juga dari sektor perdagangan dan jasa, dan perkebunan. “Begitu juga dari jumlah penduduk, kecamatan dan lainnya sudah memenuhi syarat. Apalagi secara sejarah, kecamatan-kecamatan di Muba Timur berasal dari dua marga yakni Marga Dawas dan Supat,” ujarnya.

Karena kedepan bebernya, Panitia Pembentukan Kabupaten Muba Timur akan bekerja untuk menggalang dukungan dari masyarakat, pemerintah dan semua pihak guna pembentukan daerah otonomi baru tersebut.

“Kita juga akan melengkapi syarat-syarat, agar pembentukan Kabupaten Muba Timur ini terwujud,” tukasnya.

 

TEKS              : BAGUS SANTOSO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster