Ini Dia Daerah Rawan Distribusi Logistik

 244 total views,  2 views today

kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang. | Dok KS

PALEMBANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Selatan (Sumsel), memetakan titik-titik rawan distribusi logistik pemilu di Sumsel. Titik-titik rawan itu di antaranya Kabupaten OKU Selatan, Empat Lawang, Musi Rawas (Mura), termasuk Palembang serta beberapa daerah lainnya.

Anggota Bawaslu Sumsel Divisi Pengawasan, Kurniawasn, Minggu (23/2), mengatakan, daerah tersebut sulit dijangkau dengan transportasi umum dan juga rawan kriminal. Kerusakan yang sering terjadi adalah kertas suara dan kotak suara rusak sebelum sampai tujuan, kertas suara tertukar antar-daerah pemilihan.

Kemudian distribusi tidak tepat waktu, keamanan pendistribusian, dan tidak tersedia kertas suara untuk penyandang disabilitas.  “Kami sudah koordinasi dengan KPU melalui peringatan dini terkait daerah-daerah yang termasuk titik-titik rawan,” kata Kurniawan.

Menurut dia, anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akan memberikan perhatian khusus terkait hal ini. “Setidaknya melakukan pengawasan melekat di daerah terpencil, apakah logisitik tepat waktu dan tidak ada kesalahan,” ujarnya.

Data yang dikelolah Bawaslu Sumsel, terdapat klasifikasi wilayah berdasarkan topografi, diantaranya Pegunungan yaitu, Lahat, Pagar Alam, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) dan Empat Lawang.

Dimana beberapa daerah di wilayah tersebut hanya bisa dilalui dengan motor modif (ban rantai) dan mobil double gardan Sementara wilayah dataran, meliputi, Palembang, Prabumulih, Musi Rawas (Mura), Lubuk Linggau, OKU, OKU Timur dan Muara Enim.

Dimana pada wilayah dataran ini tidak terlalu kesulitan karena seluruh jenis kendaraan bermotor dan motor tosa bisa digunakan, selain itu karena terdapat daerah yang dilalui sungai diperlukan pendukung seperti, rakit, perahu tempel serta speed boot.

Sementara wilayah yang banyak memiliki perairan yaitu, Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Ogan Komering Ilir (OKI), dan Ogan Ilir (OI). Dimana transport pendukungnya, mobil double gardan dan motor, akan tetapi yang paling diperlukan seperti speedboot dan perahu tempel. “Untuk kepulauan, dari 15 Kabupaten/kota yang ada, Sumsel tidak memiliki wilayah kepulauan,”ujarnya.

Dijelaskan Kurniawan, pihaknya juga menganalisis beberapa problematika dalam proses distribusi dibeberapa daerah. Seperti daerah pegunungan, bila musim hujan harus menggunakan kendaraan khusus sehingga jadwal pendistribusian terlambat.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster