Ditipu Rekan Bisnis, Rutusan Juta Melayang

 232 total views,  2 views today

duit

PALEMBANG – Merasa telah ditipu oleh seorang rekan bisnisnya, M Nurdin (32) warga Jalan Sabarja Jaya, NO 541, RT 10, RW 2, Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, mendatangi sentral pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polda Sumsel, Minggu (23/2).

Kedatangan Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai pemborong ini, untuk melaporkan Erdinar Ardiyanto Murfandi (36), warga Perumahan Gria Asri Sukodono, Kabputaen Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur.

Diceritakan korban, pelaku dengan sengaja telah melakukan penipuan dan penggelapan uang milik pada Minggu (23/2), sekitar pukul 11:00 WIB.

“Dia (Pelaku) sudah mengadakan kerja sama penyediaan material untuk pekerjaan pembuatan Paving di PT Bhanda Graha Reksa, yang merupakan milik pelaku. Setelah saya meyelesaikan pekerjaan tersebut pelaku tidak mau membayar,” tutur Nurdin.

Dijelaskan Nurdin, sebenarnya sebelum mengadakan kerjasama, keduanya sudah membuat perjanjian lisan bahwa setelah barang-barang selesai dikirim, pelaku akan membayar uang pelunasan secara tunai kepadanya.

“Akan tetapi, setelah pekerjaan selesai, dia (pelaku) tidak menepati janji untuk membayar uang pelunasan tersebut dan saya meminta pertanggung jawabannya,” urainya.

Lanjut Nurdin, setelah ia menemui dan meminta pertanggung jawaban pelaku, Erdinar malah membuat surat pernyataan pada pada tanggal 9 September 2013 yang berisikan akan melunasi uang tersebut.

“Dalam surat pernyataan tersebut, pelaku menjanjikan bahwa aset-aset rumahnya yang berada di Perumahan Gria Asri Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur, sebagai jaminan. Kalau pelaku juga tidak melunasai uang yang telah dijanjikan,” katanya.

Akan tetapi dalam surat pernyataan yang dibuat, pelaku tidak menyerahkan satu lembar berkas pun surat-surat mengenai aset rumah yang telah dijanjikan untuk pelunasan uang yang akan dibayar.

Akibat penipuan tersebut, korban menderita kerugian senilai Rp 150 juta dan korban menuntut agar pelaku bisa ditangkap, serta dihukum sesusai udang-undang yang berlaku.

Kabid Humas Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) R Djarod Padakova membenarkan adanya laporan tersebut. “Laporan sudah kami terima, dan akan kita lakukan pemeriksaan. Untuk pelaku masih lidik,” ungkapnya.

 

Teks       : Oscar Ryzal

Editor    : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster