Akibat Pohon Durian Ambruk Jalinsum Macet Total

 226 total views,  2 views today

 

MUARAENIM – Ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Muaraenim tepatnya di Desa Gunung Megang, Kecamatan Gunung Megang, Minggu (23/2), mengalami macet total. Pantauan Kabar Sumatera, ratusan kendaraan harus berjalan merayap.

Pengendara kendaraan hanya bisa bersabar, untuk bisa keluar dari kemacetan. Kemacetan ini, terjadi dari dua arah baik dari arah Palembang ke Muaraenim maupun sebaliknya. Kondisi ini kian parah, karena tidak ada jalan alternatif.

Informasi yang dihimpun, kemacetan itu terjadi sejak pukul 05.00 WIB dini hari. Kemacetan itu disebabkan pohon durian yang tumbang, hingga menutupi badan jalan. Akibatnya, kendaraan dari Palembang ke Muaraenim dan sebaliknya, tidak bisa melintas.

Herman (37), salah satu pengendara kendaraan yang melintas di jalan tersebut mengaku antrean kendaraan mengekor hingga beberapa meter. “Ada pohon yang tumbang, hingga menutupi badan jalan. Katanya, ini sudah terjadi sejak pukul 05.00 WIB dini hari tadi,” ungkap warga Palembang yang mengaku hendak menuju ke Lahat ini.

Dengan kondisi itu kata Herman, mau tidak mau ia hanya bisa pasrah dan memilih istirahat di badan jalan sambil menunggu kemacetan terurai. “Ya pasrah saja, tidak bisa berbuat apa-apa. Resikonya, paling barang bawaan yang harus dikirim ke Lahat, tidak bisa tepat waktu sampainya,” ucapnya.

Sekitar pukul 07.00 WIB, kendaraan sudah mulai bisa melintas walau pun belum lancar. Untuk mengurai kemacetan, petugas terpaksa menerapkan sistem buka tutup agar kendaraan bisa tetap melintas.

“Anggota kita di lapangan bersama masyarakat, masih berusaha untuk menyingkirkan pohon durian yang roboh tersebut. Sekarang, pohon yang ambruk tersebut sedang di potong dan dibersihkan. Mudah-mudahan setelah selesai, arus lalu lintas kembali lancar,” kata Kepala Polsek Gunung Megang, AKP Jon Saibi ketika dihubungi, kemarin.

Ia menyebut, saat ini anggotanya juga sudah diterjunkan untuk mengatur lalu lintas. “Kita cukup kesulitan untuk memindahkan pohon yang ambruk ini, karena diameter nya memang cukup besar,” tukasnya.

 

TEKS             : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster