490 Rumah Akan Direnovasi

 146 total views,  2 views today

Ilustrasi Rumah

Ilustrasi Rumah

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Maret mendatang akan menerima bantuan renovasi rumah untuk 490 unit rumah tak layak huni (RTLH) dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum  (PU) Cipta Karya (CK) Palembang, Albert Medianto menyebut sebenarnya, Dinas PU CK mengajukan bantuan renovasi bagi 2000 unit rumah.

Namun kata Albert, kuota yang diberikan Kemenpera hanya 490 unit rumah saja. Ia menerangkan, bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi empat kelurahan yang berada di kawasan Seberang Ilir (SI).

“Untuk lokasi nya, Kemenpera yang langsung menunjuk lokasinya bukan kita. Untuk jumlahnya, yang disetujui memang baru 490 unit rumah namun bisa saja berubah. Karena saat ini masih tahap proses pemeriksaan administrasi, mudah-mudahan April atau Mei sudah akan dibangun,” ungkapnya, Minggu (23/2).

Albert menyebutkan, bentuk bantuan yang diberikan Kemenpera tersebut berkaitan pada perbaikan RTLH bagi masyarakat yang kurang beruntung, yang berada di kecamatan dan kelurahan yang ada di metropolis.

Bantuannya meliputi perbaikan lantai, perbaikan dinding atau perbaikan atap rumah. Ia juga menjelaskan, bantuan ini diperuntukkan hanya bagi rumah tidak layak huni. Kriterianya, kondisi fisik, kepemilikan dan penghasilan pemilik rumah tersebut.

Penerima bantuan sambungnya, juga harus melengkapi berbagai syarat. Misalnya,  tanah bangunan harus hak milik, penghasilan dibawah Upah Minimum kota (UMK), belum pernah menerima bantuan perbaikan rumah, baik dari pemkot maupun pemerintah pusat, surat keterangan RT, lurah dan kecamatan, dan berbagai syarat lainnya.

“Bantuan yang akan diberikan nantinya, bukan dalam bentuk uang tetapi material bangunan sesuai dengan kebutuhan rumah yang akan di renovasi tersebut. Material yang dibantu itu, tidak boleh di jual oleh pemilik rumah tersebut, namun harus dipergunakan sesuai peruntukannya. Nilai bantuannya berkisar Rp 7 juta sampai Rp 15 juta,” ucapnya.

Albert mengaku, bantuan renovasi rumah ini merupakan program berkelanjutan dari Kemenpera. Kata Albert, dengan adanya program renovasi atau bedah rumah dari Kemenpera ini, diharapkan tidak akan ada lagi rumah warga yang tidak layak huni. Serta diharapkan kesejahteraan dan tingkat perekonomian masyarakat Palembang, dapat meningkat.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, pemkot mengupayakan, setiap tahunnya di Palembang semakin berkurang kawasan kumuh, dan masyarakat bisa memiliki rumah layak huni.

“Pemkot setiap tahunnya, akan menganggarkan dana di APBD untuk perbaikan 1.000 unit rumah, jadi dalam lima tahun kedepan sedikitnya ada 5.000 rumah, yang akan pemkot bangun,” tukasnya.

 

TEKS             : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster