Warga Temukan Ikan Pari Raksasa Seberat 200Kg

 894 total views,  2 views today

Untuk membawanya dari Sedupi menuju Talang Rimba, Ida Martini harus menyewa mobil jenis carry pickup.

Ikan Pari Raksasa. yang Ditemukan Warga di daerah Sedupi

PALI – arga Desa Sedupi, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dikejutkan dengan penemuan ikan Pari raksasa seberat 200kg di pinggir Sungai Lematang.

Saking besarnya, untuk mengangkat ikan berbentuk pipih ini Hairul harus ditolong oleh 16 orang tetangganya. Warga secara beramai-ramai mengangkat ikan yang masih hidup ini untuk dibawa kepinggir sungai.

Hairul (32), warga sekitar yang pertama kali menemukan ikan tersebut mengatakan, dirinya baru saja mendapatkan ikan Pari hasil memancing di Sungai Lematang. “ Ikan itu memiliki berat sekitar 200kg,” kartanya

Hairul, yang sehari-hari bekerja mencari nafkah sebagai penyadap karet ini mengaku memancing ikan pari merupakan penghasilan tambahan saja. Dengan bermodal umpan udang, setiap hari seusai menyadap karet ia mengayuh perahu mengarungi Sungai Lematang.

“Sudah sering mendapat ikan seperti itu pak. Pernah dapat ikan Pari lebih besar lagi sampai 250kg. Bahkan dulu pancing saya ditangkap ikan Pari seberat 500kg, tapi pancing saya putus dan ikannya lepas,” ujar ayah dua anak ini.

Penemuan Hairul ini rupanya dilaporkan Amran, Kepala Desa Sedupi kepada penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo.

Heri langsung memerintahkan Dinas Pertanian dan Kehutanan untuk membeli ikan tersebut dari warga.

“Ini ikan langka, tadi bapak bupati meminta kita untuk meneliti ikan ini dan kemungkinan mengembang biakkannya. Kalau bisa, bapak Bupati menginginkan budidaya ikan pari lebih dikembangkan lagi,” ujar Ida Martini SP, Kabid Perikanan dan Peternakan Distanhut, Kabupaten PALI.

Saat ini, ikan pari tersebut dipelihara di kantor penyuluh pertanian di Talang Rimba Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi. Untuk membawanya dari Sedupi menuju Talang Rimba, Ida Martini harus menyewa mobil jenis carry pickup. Tubuh ikan yang pipih dan besar itu nyaris memenuhi bagasi mobil itu.

Ikan pari ini memiliki keanehan tersendiri. Bila dilangkahi manusia maka ikan ini akan beranak.

“Mulanya saya tidak percaya. Tadi saya mencoba melangkahinya. Dan benar saja, setelah saya langkahi, keluar anaknya dua ekor,” ujar Ida.

 

Teks/Foto   : Indra Setia Haris

Editor         : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster