Tikungan Beracung Tidak Tajam Lagi

 360 total views,  2 views today

Tikungan Beracung

Tikungan Beracung

PALI – Untuk tahun tahun 2014, sebanyak  35 persen dana Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD), Kabupaten PALI digunakan untuk perbaikan infrastruktur jalan.

Guna melaksanakannya, Penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM tidak segan untuk turun langsung ke lapangan.

Seperti yang dilakukan mantan Kepala Dinas PU Sumsel saat meluruskan tikungan Beracung Kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi. Selama ini, tikungan tersebut sangat tajam sampai 80 derajat dan sangat membahayakan pengendara yang melintasinya.

Untuk mengurangi ketajaman tikungan tersebut, Pemkab PALI berencana meluruskan tikungan agar tidak lagi berbahaya. Otomatis harus mengorbankan lahan milik warga yang ada disebelahnya.

Guna merealisasikannya, Heri Amalindo melakukan pendekatan persuasif terhadap warga yang terkena penggusuran. Ia tidak sungkan mendatangi rumah warga secara penuh kekeluargaan.

Berkat pendekatan ini, warga pun dengan ikhlas dan sukarela merelakan tanahnya untuk dihibahkan menjadi jalan.

Haji Muhammad Said (65), pemilik usaha cuci mobil ini merelakan tanahnya digusur selebar 6 meter. Ia merelakan tanahnya untuk dijadikan jalan untuk mendukung program pembangunan Kabupaten PALI.

“Ada tiga alasan utama saya menghibahkan tanah ini. Pertama mendukung Heri Amalindo sebagai Bupati baru sehingga tidak ada alasan untuk mendukung pembangunan. Kedua, sebagai orang yang sudah dua kali ke tanah suci saya wajib mewakafkan harta saya untuk kepentingan umat dan ketiga saya banyak beramal,” kata HM Said.

Ditemui disela-sela pengukuran lahan untuk jalan itu, Heri Amalindo  mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga dalam mensukseskan pembangunan tersebut.

“Masyarakat harus berterima kasih kepada Pak Haji Said atas keridhoannya. Keteladanan Pak Haji Said harus menjadi contoh bagi masyarakat lainnya,” ujar Heri.

Heri menambahkan, pembangunan yang sedang berlangsung di kabupaten yang baru mekar ini tidak akan berjalan lancar tanpa partisipasi aktif dari masyarakat. Peran serta masyarakat akan mempercepat proses pembangunan yang berlangsung.

“Pembangunan di PALI ini tidak akan selesai oleh Heri sendiri. Harus ada daya dukung masyarakat. Kalau masyarakat mendukung seperti yang dilakukan pak haji Said, maka saya akan tampil didepan untuk membangunnya,” pungkas Heri.

 

Teks           : Indra Setia Haris

Editor         : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster