Saluran Irigasi Banyak Dangkal, Produksi Padi Banyuasin Terancam Menurun

 343 total views,  4 views today

Ilustrasi Beberapa Petani Sedang Memanen Padi Didaerah Jalur 13. Ds Timbul Jaya. Muara Sugihan Banyuasin | Foto : Bagus Park

Ilustrasi Beberapa Petani Sedang Memanen Padi Didaerah Jalur 13. Ds Timbul Jaya. Muara Sugihan Banyuasin | Foto : Bagus Park

BANYUASIN – Kabupaten Banyuasin, dikenal sebagai salah satu lumbung beras di Sumatera Selatan (Sumsel). Namun status ini, terancam. Pasalnya, banyak saluran irigasi di Bumi Sedulung Setudung tersebut, yang mengalami pendangkalan hingga berpengaruh pada ketercukupan air untuk mengaliri sawah-sawah milik petani.

Hal ini, mengancam turunnya produksi padi di Banyuasin. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Banyuasin, Syaiful Bakri, mengakui banyak saluran irigasi di Banyuasin yang mengalami pendangkalan. Menurutnya,  pendangkalan saluran irigiasi di sejumlah kecamatan daerah tersebut, kini mulai menghantui petani.

“Namun kita tetap optimis, pendangkalan saluran irigasi ini tidak akan menganggu produksi padi di Banyuasin. Kita tetap optimis target satu juta ton GKG untuk tahun ini, bisa tercapai,” kata Syaiful ketika dibincangi, Jumat (21/2).

Ia menyebut, tahun lalu produksi padi di Banyuasin mencapai 943.104 ton. Produksi padi 2013 itu menurutnya mengalami peningkatan 6,24 persen, jika dibandingkan produksi padi pada 2012 yang mencapai 882.599 ton GKG.

Syaiful menambahkan, Banyuasin memiliki potensi lahan pertanian yang luas. Mulai dari sawah pasang surut dan lebak. Pencetakan sawah baru sambungnya, saat ini juga tengah dilakukan.

Karenanya sebut Syaiful, mereka optimis target satu juta ton GKG pada 2014 bisa tercapai. Produksi padi tersebut bebernya, disumbangkan dari beberapa kecamatan yang selama ini menjadi sentra atau lumbung padi Banyuasin, seperti Pulau Rimau dan kecamatan lainnya. “Kita yakin, Banyuasin akan tetap menjadi lumbung padi bagi Sumsel,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Banyuasin, SA Supriono menyebut target satu juta ton GKG pada 2014, bukanlah target muluk-muluk meskipun saat ini banyak saluran irigasi di Banyuasin yang mengalami pendangkalan.  “Target satu juta ton GKG tahun ini, memang tidak akan mudah dicapai. Namun, mudah-mudahan target ini bisa tercapai, kuncinya dengan kerja keras,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster