Romi Sebut Suap ke Akil Hanya Isu

 177 total views,  2 views today

Romi Herton Walikota Palembang

Romi Herton Walikota Palembang

PALEMBANG – Nama Wali Kota Palembang, Romi Herton disebut dalam dakwaan jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kalau ikut memberikan “upeti” kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar terkait kasus sengketa Pemilukada Palembang.

Namun, itu semua ditanggapi dingin oleh Romi. Orang nomor satu di metropolis ini, menyebut dakwaan jaksa yang menyebut ia menyuap Akil sebesar Rp 19,8 miliar adalah isu. “Isu lama, karena semua sudah beres,” kata Romi saat dimintai komentarnya, Jumat (21/2)

Romi menuding, isu yang menyudutkan dirinya tersebut diterimanya dengan lapang dada. “Sekarang kita bekerja, bukan malah mengikuti isu yang berkembang. Isu tersebut, sudah lama, dan saya telah diperiksa KPK. Hasilnya, saya tidak ada praktek suap,” bantahnya.

Sambungnya, kalaupun kedepannya ada pemanggilan terhadap dirinya, ia akan ikuti prosedur hukum. Menurut Romi, sebagai warga negara yang baik, ia akan bersikap kooperatif. “Saya akan ikuti semua proses, yang saya ceritakan di KPK nanti akan dibuka di pengadilan,” ujarnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palembang ini menegaskan, dakwaan jaksa yang menyebut ia menyuap Akil tersebut, tidak akan mempengaruhi kualitas kerjanya sebagai orang nomor satu di kota empek-empek ini. “Kenapa mesti khawatir atau takut, karena orang yang takut tersebut adalah orang yang tidak beriman,” ujarnya.

Disinggung adakah langkah hukum yang akan diambil, Romi menjawab, tidak perlu. Karena sebutnya, sudah empat bulan diperiksa KPK tidak ada bukti yang mengarah kesana. “Saya juga tidak ada pengecara, karena saya tidak salah, jadi saya tetap akan fokus bekerja,” bebernya.

Sebagai informasi, pada sidang perdana mantan Ketua MK Akil Mochtar, Kamis (20/2), jaksa menyebut Akil menerima suap dari sejumlah sengketa pemilukada yang ditangani MK. Salah satu suap yang diterima Akil tersebut adalah, suap dari Romi Herton sebesar Rp 19,8 miliar terkait sengketa Pemilukada Palembang. Uang itu diserahkan Romi melalui istrinya Masitoh ke orang kepercayaan Akil, Muhtar Effendi.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster