Pertokoan Wajib Sediakan Pot Bunga

 378 total views,  2 views today

 

*Pemkot Siapkan Perwali

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, akan mewajibkan setiap pertokoan untul menyediakan pot bunga dan tempat sampah. Sebagai landasan hukumnya, pemkot kini tengah menggodok Peraturan Walikota (Perwali).

Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, hal tersebut dilakukan, untuk menambah keindahan Palembang. Kata Romi, saat ini pihaknya juga sudah menyiapkan surat edaran untuk pertokoan yang ada di Palembang, agar menanam pohon dan menyiapkan tempat sampah.

“Nanti potnya di seragamkan, sehingga akan kelihatan lebih bagus lagi kalau di sepanjang toko ada tanaman hiasnya,” sebut Romi yang dibincangi usai melakukan rapat koordinasi persiapan penilaian tahap II (P2) Adipura Kencana tahun 2014, Jumat (21/2).

Sambung Romi, beberapa titik jalan pertokoan yang diutamakan untuk menyeragamkan pot bunga dan tempat sampah tersebut adalah di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kolonel Burlian, Kompleks Ilir Barat Permai, Jalan Dempo dan masih banyak lagi jalan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penataan taman kota yang ada di Palembang. Karena taman kota menjadi penilaian penting untuk mendapatkan Adipura Kencana. “Taman kota di Palembang saat ini, memang sudah bagus. Tapi akan dipercantik lagi. Karena, yang dilihat taman kota itu bukan hanya sekadar ada saja, tapi keindahan taman juga jadi faktor penting. Oleh karena itu, 300 taman yang ada di Palembang ini sekarang kita tata lagi,” ucapnya.

Lebih jauh Romi menjelaskan, pemkot juga akan menambah kader lingkungan yang melibatkan setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan stakeholder terkait. Dimana setiap SKPD sebutnya, harus mengirimkan 200 voulenter untuk menjadi kader lingkungan. “Setiap SKPD mengirim setidaknya 200 orang, untuk menjadi voulenter guna menjadi kader lingkungan atau relawan kebersihan,” ujarnya.

Romi mengaku, saat ini petugas kebersihan atau pasukan kuning ada sekitar seribu orang. Ditambah petugas Badan Lingkungan Hidup (BLH), kader pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) di tingkat RT/RW, kelurahan hingga kecamatan untuk lebih peduli lingkungan dan partisipasi serta mencetak kader lingkungan di sekolah-sekolah. “Target ada sekitar 30 ribu kader lingkungan. Dengan begitu, Adipura Kencana dapat kita raih,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BLH Kota Palembang, Tabrani mengatakan, kader lingkungan akan rutin melakukan operasi semut. Tahun ini, katanya, ada pemilihan legislatif dan pilpres. Banyak caleg menurutnya yang melanggar peraturan daerah (Perda). Salah satunya, memasang baliho dipohon dengan memaku.

 

Padahal itu, merusak kondisi pohon. Dan itu hampir terjadi sepanjang jalan protokol. “Ini akan kita tertibkan karena dapat mengurangi keindahan dan ketertiban. Dipastikan, tidak ada lagi baliho dipasang di pohon dan tempat dilarang, tanpa terkecuali,” tukasnya.

 

TEKS               : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR           : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster