Jalan Talang Ubi Butuh Drainase

41 total views, 3 views today

Jalan Merdeka Talang Ubi saat diguyur hujan deras. Masih tergenang.

Jalan Merdeka Talang Ubi saat diguyur hujan deras. Masih tergenang.

PALI – Saat hujan tiba dan  turun dengan deras,  beberapa ruas jalan di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), masih banyak yang tergenang air.

Genangan air ini sendiri terjadi disebabkan tidak adanya saluran air  disisi kanan dan kiri jalan.

“Tidak ada  tempat untuk lewatnya  air pada saat hujan, jadi jalan jadi banjir,” kata  Herman, warga Jalan Merdeka Talang Ubi kepada Kabar Sumatera, Jumat (21/2) kemarin.

Jalan yang sering sekali tergenang air salah satunya adalah jalan Merdeka, Talang Ubi, Kabupaten Pali. “Ya beginilah, jalan disini dek kalau hujan pasti banjir, soalnya tidak ada siring untuk melewatkan air hujan itu, tapi kalau ada siring air tersebut tidak akan mengalir ke jalan, jadi dia langsung mengalir ke siring tersebut,” ujar Puyung (34).

Kendaraan yang melintas di jalan tersebut, sering terjebak lantaran tidak melihat adanya lubang. “Oleh karena jalannya tergenang air jadi mereka mengenai lubang tersebut, alhasil mereka jatuh dari kedaraannya,” tuturnya.

Warga sendiri berharap agar pemerintah bisa memperhatikan hal seperti ini. “Itu tugas pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya, dan juga harus di dukung oleh masyarakat itu sendiri,”  timpal warga lainnya, Hadi (28) warga Talang Nanas.

Sementara itu, Muhammad warga yang tinggal di Talang Ubi menilai banjir yang menggenangi jalan di Talang Ubi akibat parit yang ada masih kecil. “Paritnya terlalu kecil untuk menampung curah hujan yang turun. Seharusnya dibuat parit yang besar dan dalam. Jadi seluruh air bisa masuk kedalam parit itu dan tidak tumpah ke jalan,” ujar Muhammad.

Penjabat Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM saat dikonfirmasi mengakui hal ini.

Menurutnya, genangan air ini sudah menjadi perhatian serius dari Pemkab PALI. “Kita tahu, salah satu pekerjaan rumah kita adalah membenahi parit ini. Penyebab kerusakan jalan adalah air. Bila jalan tidak memiliki parit dipastikan jalan itu akan cepat rusak.  Karena itu, setiap kita memperbaiki jalan parit selalu kita prioritaskan,” papar Heri.

Untuk itu, Heri berharap agar warga dapat bersabar. Pembangunan parit tetap menjadi prioritas Pemkab PALI. Karena dalam tahun 2014 ini, pemkab PALI memprioritaskan pembangunan jalan termasuk parit.

Namun demikian, Heri juga meminta masyarakat juga dapat ikut berperan aktif membantu pemerintah. Jangan sampai saat pembangunan parit itu mendapat kendala atau halangan dari masyarakat. “Masyarakat hendaknya proaktif membantu,” pungkas Heri.

 

Teks      : Indra Setia Haris

Editor   : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com