Bulog Bangun Gudang Baru

 96 total views,  3 views today

Ilustrasi Gudang Beras | Net

Ilustrasi Gudang Beras | Net

PALEMBANG – Untuk mengantisipasi kekurangan cadangan beras, terutama yang berada di wilayah berisiko bencana alam, Bulog mendirikan gudang beras tambahan baru. Gudang ini menurut Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) 3 Sumsel, Bambang Napitupulu, selain sebagai gudang untuk cadangan beras Sumsel juga untuk menjadi penyeimbang suplai beras ke sejumlah daerah di Sumsel.

Gudang itu sebut Bambang, didirikan di Desa Jatimulyo, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur. “Di gudang ini, setidaknya bisa mencadangkan 1.000 ton beras,” kata Bambang di Pemprov Sumsel, kemarin. Nantinya sambung dia, gudang tersebut juga menyuplai beras ke gudang Bulog di Palembang.

“Kita sengaja membangun gudang di sentra produksi beras. Itu bertujuan untuk menyerap beras produksi petani setempat. Untuk saat ini, kapasitas gudang beras kita baru bisa menyimpan beras sebanyak 81.000 ton untuk di Sumsel. Tambahan lainnya, untuk masing-masing kabupaten/kota pun sudah mencadangkan beras sebanyak 1.000 ton,” paparnya.

Terkait kuota program Beras untuk Masyarakat Miskin (Raskin) diakui Bambang, masih sama dengan tahun sebelumnya yakni 6.293.685 kilogram per bulan atau sebesar 75.524.220 kilogram dalam setahun yang dibagikan pada 419.579 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Bahkan kuota untuk daerah pemekaran seperti PALI dan Muratara sudah mendapat alokasi raskin. Besarannya, Kabupaten PALI dan Muratara sudah mendapatkan alokasi 10.012 RTS dan 11.198 RTS. Menurutnya, daerah penerima raskinnya terbanyak dimiliki Palembang mencapai 72.178 RTS. Sedangkan yang terendah adalah Pagaralam dengan 5.486 RTS.

Sementara, Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, Ishak Mekki meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota sudah dapat melaksanakan Program Raskin 2014 tanpa adanya hambatan. “Kita himbau secepatnya Surat Permintaan Alokasi (SPA) penerima raskin tersebut diterbitkan, agar masyarakat berpenghasilan rendah segera menerima distribusi tersebut,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster