Belum Ada Parpol Laporkan Dana Kampanye

 186 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

MUARA ENIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaraenim menghimbau partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di Muaraenim, untuk segera melaporkan dana kampanye periode kedua mereka.

Komisioner KPU Muaraenim Divisi Hukum, Noprizah Fahlevi menyebut sampai saat ini belum ada satu pun parpol di Muaraenim yang melaporkan dana kampanye tahap kedua. Padahal laporan itu, harus disampaikan paling lambat pada 2 Maret mendatang.

“Karenannya, kami menghimbau kepada seluruh parpol untuk mempersiapkan laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye tingkat kabupaten,” kata Noprizah yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (21/2).

Ia menerangkan, pelaporan dana kampanye periode pertama telah dilakukan dan semua parpol sudah menyerahkan ke KPU Muaraenim. Sedangkan, laporan dana kampanye untuk periode kedua ini, belum satupun parpol yang menyerahkan.

“Untuk periode kedua ini memang belum ada parpol yang menyerahkan laporan dana kampanye. Posisinya masih di parpol dalam proses. Sanksi bagi parpol yang tidak melaporkan dana kampanye, akan dicoret dari keikutsertaan sebagai peserta pemilu.  Hal itu telah diatur dalam Undang-undang No 8 Tahun 2012 Pasal 138,  yang menyatakan pembatalan peserta pemilu pada wilayah yang bersangkutan,” jelasnya.

Kendati batas akhir pelaporan dana kampanye parpol paling lambat pada 2 Maret 2014, lanjut Noprizah, parpol masih mendapat kesempatan memperbaiki laporannya jika ditemukan kesalahan dalam pelaporan. Kesempatan untuk memperbaiki diberikan KPUD kepada parpol selama lima hari setelah masa penyerahan.

“Kita sudah cukup proaktif menyurati dan melakukan sosialisasi mengundang kembali pengurus parpol. Kita susul lagi, Kasubag Hukum sekretariat KPUD akan mengingatkan kembali agar parpol segera melaporkan dana kampanye tahap kedua ke KPUD. Kalau tidak tepat menyerahkan laporan dana kampanye pada tanggal 2 Maret 2014, maka bisa didiskualifikasi,” tukasnya,

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster