Warga Kenten Azhar Kesulitan Air Bersih

23 total views, 3 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

BANYUASIN – Warga Kompleks Azhar, Kelurahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, mengalami kesulitan air bersih. Bagaimana tidak, pasokan air bersih dari PDAM Tirta Betuah, seringkali tersendat.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, air bersih yang dipasok PDAM Tirta Betuah itu hanya didapatkan 10 hari sekali. Kondisi ini menurut warga, sudah berlangsung sejak tiga bulan terakhir.

Baim, salah satu warga komplek Azhar, Kenten Laut ketika dibincangi, Kamis (20/2) mengaku, tersendatnya pasokan air bersih dari PDAM Tirta Betuah itu sangat dikeluhkan warga.

“Pasokan air bersih dari PDAM Tirta Betuah, tidak  bisa diandalkan. 10 hari sekali, air bersih dari PDAM Tirta Betuah baru mengalir. Ini sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu namun sampai saat ini, belum ada perbaikan,” keluh Baim.

Tak hanya pasokan air yang tersendat, kualitas air bersih dari PDAM Tirta Betuah sebut Baim, juga sangat buruk. “Air nya keruh dan bau. Karenanya warga disini, lebih memilih membeli air dari pedagang air yang sering berkeliling disini. Air itu, untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci dan kakus (MCK) dan kebutuhan lainnya,” sebut Baim.

Ia berharap persoalan tersebut, bisa segera diatasi PDAM Tirta Betuah. “PDAM harus segera memperbaiki jaringan distribusi air mereka, kualitas air pun harus ditingkatkan. Kalau seperti ini terus, pelanggan akan lari,” ucapnya.

Direktur PDAM Tirta Betuah, Ir Bakrie saat di konfirmasi mengakui tersendatnya pasokan air bersih di kompleks perumahan Kenten Azhar tersebut. Hal itu menurutnya, disebabkan diameter pipa yang digunakan untuk jaringan distribusi air ke kompleks perumahan itu sangat kecil.

“Pipa distribusi air ke sana, sedang kami ganti. Petugas kami saat ini, sedang bekerja. Mudah-mudahan beberapa minggu kedepan, pasokan air ke pelanggan kita di kompleks perumahan Kenten Azhar, sudah kembali normal,” ujarnya.

Tersendatnya pasokan air ke pelanggan ini terangnya, juga disebabkan kebocoran pipa induk PDAM Tirta Betuah di kawasan Merah Mata. Sehingga debit air yang dialirkan ke rumah pelanggan, menjadi berkurang.  “Kami minta maaf, atas ketidak nyamanan pelanggan ini. Persoalan ini, sudah menjadi perhatian kita. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, bisa segera diatasi,” tukasnya.

 

TEKS             : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com