KUA Himbau Hindari Nikah Siri

 159 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALI – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Talang Ubi, Ibrahim SAg MH menghimbau, setiap pasangan yang ingin menikah agar mencatatkan diri di KUA setempat dan harus mengantongi surat nikah.

Himbauan tersebut disampaikan, Kamis (20/2), karena hingga saat ini masih banyaknya terjadi nikah siri ataupun nikah di bawah tangan di PALI.

Menurut Ibrahim, perkawinan bawah tangan atau yang dikenal dengan istilah lain nikah siri adalah perkawinan yang dilakukan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dilakukan tidak di hadapan Pegawai Pencatat Nikah.

“Nah, akibat dari nikah tak tercatat di KUA dan tidak megantongi surat nikah maka jika terjadi perceraian di kemudian hari akan merugikan pihak wanita. Karena statusnya tak jelas termasuk juga administrasinya,” ujarnya kepada wartawan.

Kerena, dirinya mengkhawatirkan apabila terjadi perceraian, dengan melalui pernikahan siri, maka yang paling dirugikan adalah sang wanitannya.

“Dikhawatirkan kelak ketika pernikahan bubar, istri akan kehilangan hak-hak hasil pernikahan sesuai dengan Undang-undang (UU) Perkawinan. Jadi dalam hal ini KUA hanya berani menikahkan yang lengkap administrasinya,” ujarnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, KUA Talang Ubi  tak henti-hentinya melakukan kegiatan-kegiatan penyuluhan melalui Pegawai Pencatan Pernikahan Negara (P3N). “Kami semua turun langsung ke lapangan tanpa terkecuali untuk menghimbau kepada masyarakat,” pungkasnya.

 

Teks      : Indra Setia Haris

Editor   : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster