Caleg Dilarang Dekati Surat Suara

31 total views, 3 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PAGARALAM – Proses penyortiran surat suara Pemilu 2014 yang tengah dilakukan pihak Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam dijaga ketat. KPU menugaskan 4 anggota Polisi yang berjaga untuk mengawasi proses penyortiran dan pelipatan surat suara. Demikian dikemukakan Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan Boy Arcan, Kamis (20/2).

Menurutnya,  pada saat proses penyortiran dan pelipatan surat suara, bagi siapa saja selain yang berkepentigan maka dilarang memasuki ruangan untuk melihat proses pelipatan surat suara tersebut.

“Sebanyak 2 orang, itu khusus anggota LO yang sengaja ditugaskan PAM di KPU, dan 2 orang anggota lagi merupakan Back Up dari Polres,” jelasnya.

Meski begitu kata dia, memang tidak boleh ada yang memasuki ruangan dimaksud kecuali petugas dan wartawan.

“Bahkan saat keluar untuk meninggalkan ruangan pun, petugas tersebut akan diperiksa agar tetap steril,” ujarnya.

Lanjutnya, mengenai kedatangan beberapa caleg yang ingin memantau pelipatan suara tersebut, ia menegaskan hal itu juga tidak akan diperbolehkan.

“Pastinya, para caleg yang ingin mengetahui proses berlangsung  tidak dibenarkan. Karena yang bersanhgkutan tiadak ada urusannya bila ingin mengetahui proses pelipatan dan kalau ada yang ingin melihat  tidak bakalan kita izinkan,” tambahnya

Selain keamanan yang ketat kata Boy, pelipatan surat suara akan dikebut agar segera bisa diamankan ke tempat yang lebih layak dan steril.

“Kendati demikian, kita kerahkan Staf KPU serta siswa-siswi SMK yang kebetulan lagi magang di KPU untuk membantu kelancaran Pelipatan,” katanya seraya berujar honor petugas pelipatan sebesar 200 rupiah per lembar atau 150 rupiah untuk biaya pelipatan, dan 50 rupiah untuk penyortiran.

Sebelumnya, sebanyak 420 boks surat suara untuk pemilihan legislatif (Pileg) 9 april 2014 sudah diterima oleh pihak penyelenggara KPU Kota Pagaralam dengan disaksikan oleh Pihak kepolisian serta Panwaslu Kota Pagaralam.

Adapun rincian dari 420 boks surat suara tersebut berjumlah 416, 082 lembar surat suara. “Itu sudah termasuk 2 persen surat suara cadangan dan surat suara pemilu ulang,” terangnya seraya berharap secepatnya akan dilakukan pembelajaran teknis serta penyortiran sebelum tahapan pendistribusian ke TPS.

Ditambahkan Sekretaris KPU Kota Pagaralam, Drs Marjohan MM, penyortiran surat suara ini dilakukan oleh petugas dari KPU dengan membutuhkan waktu setidaknya sekitar dua pekan.

“Hari ini (kemarin) sudah dimulai penyortiran surat suara  hinggu dua pekan kedepan,” katanya seraya berharap semoga penyortiran itu dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com