Pintu Gerbang Talang Bulang Akan Dipercantik

 276 total views,  2 views today

Pintu gerbang PALI saat ini becek dan kusam. Tidak lama lagi pintu gerbang ini akan dibuat cantik oleh Pemkab PALI.

Pintu gerbang PALI saat ini becek dan kusam. Tidak lama lagi pintu gerbang ini akan dibuat cantik oleh Pemkab PALI.

PALI – Mesin pembangunan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan segera bergerak. Pembangunan ini akan dimulai dari pintu gerbang di Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi.

Salah satunya ruas jalan dari pintu gerbang Kabupaten PALI yang terletak di Talang Bulang menuju Kota Pendopo Talang Ubi akan dibuat mulus dengan lapisan aspal hotmix.

Bukan itu saja, Pemerintah Kabupaten PALI segera membangun gapuran cantik penanda memasuki Kabupaten PALI, yang sedang membangun. “Nanti kita bangun gapuran lengkap dengan taman. Sehingga saat melewati gapura, suasana pembangunan PALI akan lebih terasa” kata Heri Amalindo, penjabat Bupati PALI kepada Kabar Sumatera, Rabu (19/2) diruang kerjanya.

Selain taman, pintu gerbang sampai penghujung desa akan dibangun parit saluran air. Selain mempercantik jalan, saluran ini ditujukan untuk menopang jalan sehingga lebih kuat dan tahan lama.

“Penyebab utama kerusakan jalan adalah air. Agar jalan lebih tahan maka saluran air harus bagus. Makanya akan kita buat saluran sepanjang jalan,” ujar mantan kepala dinas PU Bina Marga Sumsel ini.

Ia menambahkan, perempatan jalan di Talang Bulang juga akan dipercantik lagi dengan dibangunnya taman. Taman ini akan menggantikan tugu yang sudah usang. Tikungan yang ada di perempatan jalan itu akan diperbagus dan lebih diluruskan agar memudahkan kendaraan untuk berbelok.

“Tikungannya terlalu tajam, sangat susah untuk berbelok sehingga membahayakan pengendara. Kita luruskan sedikit, biar lebih nyaman,” jelas alumni Fakultas Teknik Unsri ini.

Lampu jalan juga akan ikut menghiasi sepanjang jalan tersebut saat malam hari. “Kesan seram dan angker secara perlahan akan kita hilangkan. Salah satunya dengan menambah lampu jalan yang lama akan kita ganti baru yang lebih tahan dan lebih terang,” tambahnya.

Untuk itu, H Heri Amalindo berharap masyarakat dapat mendukung program tersebut. “Tidak ada gunanya program ini bila tidak didukung masyarakat. Karena program pembangunan jalan dan pintu gerbang ini bukan untuk kepentingan bupati melainkan kepentingan seluruh masyarakat,” terangnya.

Masyarakat, sambung Heri, diharapkan dapat mendukung penuh. Alat berat yang bekerja tidak diganggu. Sehingga pekerja bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Toko-toko yang berada disisi jalan juga diminta pengertiannya. Sebab dengan adanya pembangunan tersebut  akan mengganggu aktifitas warga berjualan.

“Jangan nanti demo, menuntut ganti rugi karena terganggu dan sebagainya. Kita jadi repot. Mari bersama-sama bahu membahu membangun kabupaten ini menjadi lebih baik. Saat ada yang bekerja agar bersabar. Toh, kalau sudah selesai akan membuat daerah kita lebih ramai lagi. Yang untung masyarakat juga. Pedagang dan warga dipinggir juga yang akan menikmatinya,” papar Heri.
Teks      : Indra Setia Haris

Editor    : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster