Untuk Gelar Simulasi Tanggap Bencana, BPBD OKUS Masih Kekurangan Peralatan

 173 total views,  2 views today

MUARADUA-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, akan menggelar simulasi tanggap bencana yang rencananya di gelar di Desa Sugih Waras dan Rantau Nipis, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan pada 3 Maret mendatang.

Namun untuk pelaksanaan simulasi tanggap bencana itu menurut Kepala BPBD OKU Selatan, Mahfi Abu Bakar, masih ada sejumlah kendala yang dihadapi. Misalnya fasilitas peralatan seperti ambulance dan mobil serba guna dan dapur umum.

“Kami berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dan pemerintah pusat, bisa membantunya untuk melengkapi peralatan tersebut,” kata Mahfi saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (18/2).

Namun terang Mahfi, secara umum BPBD OKU Selatan sudah siap untuk menyelenggarakan simulasi tanggap bencana tersebut. Ia menerangkan, BPBD mempunyai berbagai peralatan untuk tanggap bencana seperti tenda pleton, tenda regu, tenda posko, valbet, kantong mayat, water treatment, perahu karet, gergaji mesin pemotong kayu, gergaji mesin pemotong tembok atau beton, genset, pompa air apung, perangkat komunikasi, mobil rescue, motor rescue dan peralatan relawan.

“Dalam simulasi nanti, relawan akan dilatih untuk merakit dan menggunakan perlatan tersebut. Sehingga saat terjadi bencana, mereka benar-benar siap menggunakan berbagai peralatan tersebut,” ucapnya.

Ia menerangkan, dalam simulasi tanggap bencana nanti akan melibatkan relawan dari berbagai instansi seperti Polri, TNI, pemadam kebakaran, Polisi Pamong Praja (Pol PP), Tagana, PMI, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Tim Reaksi Cepat (TRC). “Sebagai persiapan untuk pelaksanaan simulasi tersebut, kita menggelar rapat koordinasi dengan berbagai instansi.

Pada 25 Februari mendatang, kita akan menggelar rapat persiapan kegiatan, sosialisasi dan antitisipasi terhadap bencana di Aula Sekda Pemkab OKU Selatan,” tukasnya.

 

TEKS              : FITRI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster