Sekda Sumsel Masih Tanda Tanya

 306 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Proses penetapan calon Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Selatan (Sumsel), mulai memasuki babak baru.  Setelah sekian lama dijabat seorang pelaksana tugas (Plt), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, memastikan jika saat ini telah mengantongi tiga nama calon yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest).

Kendati demikian, Kepala BKD Sumsel, Muzakir enggan menyebutkan secara rinci ketiga nama tersebut. “Untuk nama-namanya masih off the record. Belum bisa kita umumkan siapa yang mengikuti seleksi (fit and propertes) itu,” kata Muzakir di Griya Agung Sumsel, kemarin.

Menurutnya, sebelum pengkerucutan tersebut, sebanyak 12 nama diseleksi secara ketat. Namun, dalam pekan ini, tiga nama baru yang dipilih Gubernur akan keluar untuk diusulkan mengikuti fit and proper Test. “Nama-nama calonnya sudah ada di Gubernur Sumsel,” tegasnya.

Namun informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, sejumlah pejabat yang disebut-sebut menjadi kuat sebagai Sekda Sumsel. Diantaranya, Kepala Bappeda Sumsel Yohanes H Touruan, Kaban Ketahanan Pangan Singgih Himawan, Kaban Diklat Ida Zamzami dan Kepala BKD, Muzakir.

 Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) nomor 5 tahun 2005, syarat menjadi Sekda adalah pernah menduduki dua jabatan struktural eselon II yang berbeda.

Pejabat tersebut juga harus sudah bergolongan IV/D memiliki ijazah sarjana, berusia setinggi-tingginya 1 tahun sebelum mencapai batas pensiun. Selain itu, calon sekda juga harus memenuhi persyaratan wawasan kebangsaan.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin sebelumnya  mengaku perlu waktu panjang karena mengingat harus mengusulkannya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Tapi semuanya masih butuh proses sebelum benar-benar jabatan tersebut dilakukan,” tukasnya.

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster