Pemkot Siapkan Perda CSR

 246 total views,  4 views today

csr

Ilustrasi | Shutterstock.com

PALEMBANG-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,  menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) yang berkaitan dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Asisten II Pemkot Palembang Hardayani menyebut, setelah perda itu disahkan maka pemkot akan mengumpulkan semua perusahaan  yang beroperasi di metropolis.

“Nantinya, akan dibentuk forum tersebut seperti lembaga sosial non goverment, isi dari forum tersebut layaknya sebuah forum, misalnya ada ketua, sekretaris, bendahara dan lain sebagainya. Forum inilah nantinya, yang akan mengurusi dana CSR tersebut,” kata Hardayani, Selasa (18/2).

Sambungnya dalam forum tersebut, nantinya akan ada program kerja soal pembagian dana dari perusahaan-perusahaan yang ditujukan bagi masyarakat. Menurutnya, dalam penyaluran dana tersebut tidak bisa perorangan, melainkan harus ada kesepakatan bersama melalui rapat forum. “Dalam CSR itu ada tiga tujuan utama yakni, pengentasan kemiskinan, bina lingkungan dan program pertamanan atau penghijauan,” jelasnya.

Hardayani menyebutkan, dalam melakukan pengentasan kemiskinan, dalam bentuk bantuan modal untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM). “Jadi diharapkan dengan adanya tambahan dana tersebut, UMKM dapat lebih mengembangkan usaha yang digeluti,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, Syahrul Hefni mengatakan, forum yang akan dibuat tersebut akan merangkul semua perusahaan, mulai dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perusahaan swasta lainnya. “Setiap perusahaan kan sudah ada program CSR, tapi terkadang tidak ada sinergi dengan Pemkot Palembang, makanya perda dan forum ini dibuat,” ujarnya.

Syahrul mengaku, Perda tersebut, kemungkinan akan selesai pada pertengahan tahun ini. Sehingga program ini bisa segera dilaksanakan. “Mudah-mudahan ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga tujuan utama CSR terwujud,” tukasnya.

TEKS               : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR           : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster