Kenalkan Alutsista Lebih Dekat ke Masyarakat

 264 total views,  6 views today

Anak-anak Sedang Asyik Memainkan Mobil Jeep Tempur Milik TNI | Foto : Ghufron M

Anak-anak Sedang Asyik Memainkan Mobil Jeep Tempur Milik TNI | Foto : Ghufron M

PALEMBANG-Gebyar Dirgantara Sriwijaya yang bertepatan dengan rangkaian kegiatan Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang sebelumnya dilakukan di Perbatasan RI-Singapura, kini dihelat juga di Landasan Udara (Lanud) Palembang. Komandan Lanud (Danlanud) Palembang, Letkol Pnb Ramot C.P Sinaga menegaskan, pihaknya menjadikan momentum sebagai manfaat untuk pembinaan potensi dirgantara berupa gebyar Dirgantara Sriwijaya.

“Kita juga ingin masyarakat Sumsel merasakan rangkaian kegiatan ini, karena masyarakat juga harus mengetahui alat-alat yang digunakan oleh TNI AU serta pihak Polri itu sendiri,” tegasnya disela-sela peninjauan lokasi acara di Apron Lanud Palembang, kemarin (17/2).

Dalam event ini, juga dipamerkan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) RI yang selalu disiagakan TNI Angkatan Udara. “Ada 6 alutsista dari 8 pesawat Jupiter yang melakukan aksi aerobatik di langit Palembang. Yang mana ada ribuan pasang mata menyaksikan kemegahan aksi tersebut,” ujar dia.

Dari Static Show sendiri, lanjutnya, tadi dipamerkan pesawat, CN-295 yang baru dibeli dari PT Dirgantara Indonesia, KT-1B Wongbee, C-130 Hercules, Heli MI-2 Polri serta sejumlah kendaraan lain milik TNI, Polri serta IMI. “Atraksi manuver show dan aeromodeling juga mewarnai Dynamic Show ditempat yang sama ini,” tegasnya.

Ia melanjutkan, kegiatan aerobatik ini pertama kali dilakukan di Palembang. Harapannya, semoga kegiatan ini rutin dilakukan pada tahun-tahun yang akan datang. “Event ini tentunya juga mengajak masyarakat untuk melihat lebih dekat alat atau senjata yang dimiliki oleh TNI-Polri, yang mungkin selama ini masyarakat hanya melihat di tayangan televisi ataupun foto-fotonya saja. Jadi even ini sekaligus mendekatkan semua pihak baik itu pemerintah, TNI-Polri juga masyarakat,” urainya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin mengatakan, pihaknya menyampaikan kepada semua penonton yang berada di sana bahwa apa yang dilakukan tadi merupakan kegiatan yang berat dan membutuhkan latihan yang ekstra, sehingga orang-orang tersebut benar-benar pilihan dalam melakukan aksinya. “Untuk menjadi seorang pilot haruslah pintar, sehat, cerdas, dan disiplin. Karena itu merupakan modal utama sebagai penunjang tugas sebagai TNI Angkatan Udara. Semoga acara ini berkesinambungan setiap tahunnya,” harap Alex.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster