Baru 11 Usaha yang Miliki Izin Penanaman Modal

 263 total views,  2 views today

 

PALEMBANG-Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Palembang mencatat, baru ada 11 usaha di kota empek-empek ini yang memiliki perzinaan bidang penanaman modal.

Kepala Seksi (Kasi) Perizinan, KPPT Palembang, Amiruddin Sandy mengatakan, minimnya para pengusaha untuk membuat perizinan ke KPPT dalam perizinan Penanaman Modal, dikarenakan kurangnya sosialisasi.

“Kurangnya partisipasi pengusaha dalam membuat izin penanaman modal, karena tidak ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengaturnya, Palembang saat ini baru ada Peraturan Wali Kota (Perwali) tahun 2012 tentang izin penanaman modal,” katanya.

belum lama ini. Sandy mengatakan, dengan terdaftarnya unit usaha dalam perizinan bidang penanaman modal ini, maka pihak investor dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan fasilitas tax holiday dan tax allowance. “Nah dengan adanya perizinan penanaman modal, yang di keluarkan langsung oleh KPPT dan usaha mereka terdaftar, bisa menjadi peluang bagi mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal,” ujarnya.

Selain itu, kelebihan lain apabila ada izin, pihak investor dapat dibebaskan dari sejumlah pajak tertentu. Seperti pajak pembelian dan pengiriman barang dari luar negeri. “Dan juga mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan fasilitas tax holiday dan tax allowance akan dimiliki oleh investor dengan jumlah investasi Rp 500 juta ke atas oleh pemerintah,” ujarnya.

Tax holiday ini, Sandy menyebutkan, merupakan kebijakan pembebasan atau pengurangan pajak berupa insentif meringankan bebas pajak paling lama selama 10 tahun dan minimal selama 5 tahun sejak perusahaan berproduksi. “Semakin usaha mereka terdaftar dalam perizinan bidang penanaman modal, akan lebih menguntungkan mereka,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Palembang, Ridwan mengungkapkan, Palembang terus memberikan sejumlah kemudahan dalam penanaman modal. Misalnya mempermudah regulasi, perizinan, pembukaan lahan dan lain-lain. “Sesuai dengan keinginan wali kota, Palembang harus lebih maju lagi kedepannya. Oleh sebab itu, berbagai kemudahan akan diberikan untuk para investor,” tukasnya.

 

TEkS        : ALAM TRIE PUTRA

EIDTOR    : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster