Pertamina Fastron dan Komunitas Mobil Sumsel Galang Dana untuk Sinabung dan Kelud

 214 total views,  2 views today

Peduli Sinabung - Puluhan mobil berbagai jenis dan merek berkumpul dalam satu acara dalam sebuah acara Amal di Parkiran Lippo Plaza jakabaring,Palembang,Minggu (16/7). Acara Bertajuk “Peduli Sinabung” ini, mengumpulkan komunitas dan klub Mobil Se-Sumatera Selatan. Foto : Bagus Kurniawan/KS

Peduli Sinabung – Puluhan mobil berbagai jenis dan merek berkumpul dalam satu acara dalam sebuah acara Amal di Parkiran Lippo Plaza jakabaring,Palembang,Minggu (16/7). Acara Bertajuk “Peduli Sinabung” ini, mengumpulkan komunitas dan klub Mobil Se-Sumatera Selatan.
Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, sebanyak 32 komunitas mobil di Sumatera Selatan (Sumsel), yang tergabung dalam Lintas Komunitas Otomotif  (LKO) Sumsel menggelar acara Bakti Sosial di Lapangan Parkir LIPPO Plaza Kawsan Jakabaring Palembang, Ahad (16/2).

Budi Wicaksono, Ketua Pelaksana kegiatan ini mengatakan,  aksi sosial ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama, terutama warga yang sedang menjadi korban akibat bencana Gunung Sinambung dan Kelud.  Dalam sambutannya Budi mengatakan, atas dasar kepedulian moral dan sikap peduli terhadap musibah itu, rekan-rekan dari klub mobil di Sumsel kemudian sepakat untuk menggalang dana sebagai bentuk solidaritas. “Acara ini selain melibatkan klub mobil, juga didkung penuh oleh Pertamina Fastron-Enduro, juga rekan-rekan media di Sumsel. Oleh sebab itu, mewakili panitia saya dan kawan-kawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu acara ini, terutama Pertamina yang sudah memberikan supportnya dalam acara bakti sosial ini. Kita berharap acara ini akan terus berlanjut dalam kegiatan bakti sosial lainnya di masa mendatang,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Drs H Faisal AR, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kota Palembang merasa bangga dengan aksi solidaritas yang dilakukan. Menurut mantan camat yang beberapa kali mendapat penghargaan nasional ini mengatakan, aksi sosial yang dilakukan LKO Sumsel ini merupakan program positif untuk menggerakkan semangat kepedulian antar sesama manusia. “Kalau sikap peduli, bukan lagi melihat agama apa, suku apa dan dari mana mereka berasal. Tetapi kita harus melihat hubungan antar manusia. Kalau ada manusia yang tidak mau peduli antar sesama manusia, maka status kemanusiannya harus dipertanyakan. Sebab sifat dasar manusia itu adalah saling tolong menolong dan saling bantu membantu. Oleh sebab itu, program ini sangat bagus dan perlu dilanjutkan, agar ke depan sikap peduli antar sesama ini akan tetap terjaga, sebagaimana pesan dari nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu, Pertamina Unit Pemasaran, Syafaat Jazuli, Sales Manager Lubricants II Sumsel mengatakan, acara ini sengaja dilakukan sebagai bentuk aksi peduli pertamina, dalam hal ini unit pemasaran. Oleh sebab itu, menurut Jazuli, kiat aksi peduli ini akan selalu didukung guna membantu warga yang saat ini menjadi korban bencana Sinabung. “Semula, program ini hanya untuk korban Sinabung, tetapi ternyata Tuhan berkata lain. Ternyata bencana Gunung Kelud juga menimpa. Oleh sebab itu, sebagian dana yang terkumpul akan kita sampaikan juga kepada warga korban Gunung Kelud,” tegasnya.

Acara itu, selain dihadiri komunitas mobil di Sumsel, juga dihadiri sejumlah stake holder di Palembang. Diantaranya, AKBP Hermanto (Polresta Palembang),  jajaran pertamina unit pemasaran, General Manager LIPPO, Revi Warokka, SE Centre, Manager LIPPO Plaza Jakabaring. Sedang daeri jajaran redaksi Harian Umum Kabar Sumatera (KS) sebagai media partner, hadir General Manager Harian KS, Nana Eka Nugraha dan Imron Supriyadi, Pemimpin Redaksi, diiringi sejumlah awak redaksi Harian Umum KS dalam kepanitiaan.

Terpisah, Senior Supervisor External Relation Palembang, Alicia Irzanova  mengatakan, ada pun masing-masing klub paling sedikit mengutus lima anggota, dengan adanya 32 komunitas mobil ini diharapkan mampu memberikan kontribusi sangat besar bagi para korban bencana.

“Sebelumnya kita juga menggalang dana dengan penjualan fastron di SPBU Kenten sejak Tanggal 13 sampai 15 sebesar Rp 5.180.000, dan fastron juga menggelar malam valentine fastron di musim cafe Hotel Swarna Dwipa, pada acara tersebut terkumpul dana sebesar Rp 26.200.000,” katanya.

Pada itu, berhasil mengumpulakn dana Rp. 58.165.000,- juta,  dengan rincian dari komunitas otomotif terkumpul Rp 18 juta, dan bengkel-bengkel mitra pertamina Rp 8.785.000 juta,” katanya.

Ditambahkannya, sebelumnya Pertamina telah menggulirkan bantuan kepada para korban erupsi di beberapa titik posko di sekitar Gunung Sinabung, dengan total Rp800 juta rupiah sejak 18 September 2013 berbentuk sembako, makanan, elpiji, dan program posko sosial.

Selama Februari 2014, disebutkan Pertamina secara nasional juga menyumbangkan Rp 1.000 dari setiap pembelian Pelumas Fastron dan Enduro.

Sementara itu, dalam sambutannya Imron Supriyadi, Pemimpin Redaksi Harian Umum Kabar Sumatera mengatakan, untuk membantu korban bencana, media juga harus ikut memberikan kontribusi, melalui informasi bagi masyarakat dalam pemberitaan, sehingga dapat menggerakkan warga ikut berpartisipasi. “Mudah-mudahan dengan adanya media ini dapat terus memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam membantu korban bencana alam,” katanya.

 

TEKS        : AMINUDDIN

EDITOR    : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster