Hari-hari ini kondisi wilayah kita banyak dilanda bencana.

 161 total views,  2 views today

Ketika gunung Sibanung meletus beberapa waktu dan kini belum tuntas penanganannya. Menyusul pula kemarin Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur meletus pula. Menghadapi kondisi seperti ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tampaknya harus menyiapkan sejumlah opsi atau alternatif pelaksanaan penyelenggaraan pemilu mendatang, termasuk dalam proses pemungutan suara terkait bencana alam yang terjadi pada beberapa daerah di Indonesia.

Bahkan, terdapat kemungkinan penundaan pemungutan suara pada beberapa daerah jika bencana alam tersebut masih terjadi. Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, pihaknya masih mempertimbangkan sejumlah rencana pelaksanaan pemilu mendatang bagi daerah-daerah yang mengalami bencana. “Kita berharap kondisinya menjelang pemungutan suara mendatang itu dapat lebih baik.

Namun, jika masih terjadi bencana alam maka kami akan menyiapkan rencana lain supaya dampak dari bencana alam bisa diatasi sedemikian rupa,” ujarnya, di Jakarta. Dia menjelaskan, persiapan melalui sejumlah opsi dalam pelaksanaan pemungutan suara itu dilakukan agar proses penghitungan dan pemungutan suara masih dapat berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan. Malah, dia menambahkan, apabila bencana alam yang terjadi pada suatu daerah masih berlanjut dan tidak memungkinkan untuk melakukan pemungutan suara sesuai dengan jadwal pada 9 April mendatang maka terdapat opsi untuk melaksanakannya dihari yang lain.

Hal ini sesuai perundang-undangan Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu. “Ini berarti dibenarkan diadakan penundaan pemungutan suara,” katanya. Husni juga menjelaskan, pihaknya menyediakan rencana lain untuk mengatasi persoalan menyangkut daftar pemilih, khususnya bagi daerah yang terkena bencana. Termasuk, memindahkan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Antara lain,

bagi pemilih yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih dapat menggunakan hak pilihnya di TPS saat pemungutan suara dengan menunjukkan surat identitas kependudukan. Kita mengharapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) untuk melakukan pengecekan terhadap dampak bencana alam terhadap pelaksanaan pemilu, terutama bagi daerah yang saat ini masih mengalami bencana. Salah satunya, bencana erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur.

Kita mengharapkan persiapan dan antisipasi serupa juga dilakukan di daerah lain seperti di Sumatera Selatan yang mungkin saja terjadi bencana alam bentuknya banjir dan lain sebagainya. Semoga Kpu dan jajarannya dapat memahami kondisi ini.

(Sarono P Sasmito)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster