Bayar PBB Berhadiah Rumah

 295 total views,  2 views today

Ilst. Pajak

Ilustrasi Pajak

PALEMBANG-Wajib Pajak (WP), yang membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) nya tepat waktu, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palembang.

Hadiahnya menurut Kepala Bidang (Kabid) PBB dan BPHTB Dispenda Palembang, Oktoriyanis Mahmud, banyak hadiah yang disiapkan. “Untuk hadiah utamanya, satu unit rumah tipe 36,” kata Oktoriyanis, kemarin.

Selain satu unit rumah, WP juga berkesempatan mendapatkan satu unit mobil Toyota Avanza, kemudian 3 unit motor dan masih banyak lagi hadiah lainnya.  Menurut Oktoriyanis, dengan adanya hadiah tersebut diharapkan, bisa membangkitkan apresiasi mayarakat Kota Palembang dalam membayarkan pajaknya.

Hadiah-hadiah tersebut jelas Oktoriyanis, akan di undi pada Oktober mendatang. Untuk pengadaan hadiah tersebut, Dispenda sebutnya menganggarkan dana Rp 950 juta. Bagaimana cara untuk mendapatkan hadiah ini ? ia menyebut, hadiah itu hanya diperuntukkan bagi WP yang membayar PBB nya tepat waktu atau sebelum jatuh tempo yakni pada 31 September mendatang.

“Peserta yang bisa mendapatkan hadiah tersebut, adalah peserta yang membayarkan pajaknya sebelum waktu tempo, jadi jika masyarakat membayar pajak lewat waktu tempo, tidak akan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan tersebut,” bebernya.

Lebih jauh Oktoriyanis menjelaskan, dana sebesar Rp 950 juta tersebut, murni berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang tahun 2014, kata Oktoriyanis, dana tersebut tidak ada bantuan dari pihak swasta maupun perusahaan. “Kita tidak bisa gunakan dana sponsor lain, karena ini adalah untuk pencapaian target PAD Palembang,” katanya.

Oktoriyanis merincikan, realisasi penerimaan pajak PBB harian sampai dengan Februari 2014 ini baru sebesar 0,97 persen saja. “Sementara target pajak PBB tahun 2014 sebesar Rp 95 miliar, yang terealisasi baru Rp 748 miliar, kalau di persentase baru 0,97 persen saja,” bebernya.

Oktoriyanis menambahkan, walaupun pencapaian pajak PBB masih sangat minim, namun pihaknya optimis target yang ditentukan dapat tercapai. “Kita optimis target Rp 95 miliar tersebut dapat tercapai, bahkan bisa over target,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster