Disnaker Kembali Gelar Job Fair

 145 total views,  2 views today

Ilst. Job Hunter

Ilst. Job Hunter

PALEMBANG, KS – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang, kembali akan menggelar job fair atau bursa kerja pada April mendatang. Bursa kerja itu digelar, sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di kota metropolis ini.

Kepala Bidang Penempatan Kerja (Penta) Disnaker Palembang, Darminto mengatakan,  bursa kerja itu nantinya akan diikuti setidaknya 60 perusahaan yang beroperasi di Palembang, sementara tahun lalu hanya diikuti 52 perusahaan.

“Kali ini cukup banyak perusahaan yang bergabung, mulai dari perusahaan swasta yang tengah berkembang, sampai ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),” ungkap Darminto ketika dibincangi, Jumat (14/2).

Dari 60 perusahaan tersebut sambungnya, nantinya diharapkan bisa menyerap tenaga kerja lebih kurang sebanyak 3.000 tenaga kerja.  “Kalau bisa semua perusahaan bergabung semua, tapi kembali lagi dengan keputuhan karyawan pada perusahaan tersebut,”ujarnya.

Ia menerangkan, tahun ini Disnaker akan menggelar bursa kerja sebanyak dua kali yakni di April dan November mendatang. Menurutnya langkah tersebut, salah satu upaya mengurangi pengangguran.

“Tahun 2013 juga dua kali kita menggelar bursa kerja, tapi jumlah tenaga kerja terserap sekitar 2000 orang. Tahun ini, dari dua kali bursa kerja yang akan kita gelar diharapkan jumlah tenaga kerja yang terserap akan lebih banyak,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Disnaker Palembang, Gunawan mengatakan, angka pencari kerja di Palembang pada tahun 2013 mencapai 13.000 orang. “Itu berdasarkan data pencari kerja yang membuat kartu kuning (AK I), tapi dari jumlah tersebut tidak semuanya tidak bekerja, melainkan mereka masih menginginkan pekerjaan yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Namun terang Gunawan, angka pencari kerja tersebut bisa saja berkurang. Sebab data tersebut, didasarkan pada pencari kerja yang membuat kartu kuning. Pencari kerja yang membuat kartu tersebut, kadangkala sebutnya ada yang sudah bekerja namun kembali ingin mencari kerja.

“Ada yang sudah bekerja, tetapi tetap membuat kartu kuning karena ingin mencari kerja yang lebih baik dengan alasan jenjang karir, jaminan hidup dan banyak lagi lainnya. Ada juga pembuat kartu kuning tersebut, yang sudah mendapatkan pekerjaan namun tidak melapor,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster