Tak Perlu Banyak yang Penting Efektif

 233 total views,  2 views today

Calon anggota legislatif (caleg) dan calon anggota DPD saat ini, terus berusaha memikat simpati masyarakat agar memilihnya saat pemilu, 9 April mendatang dengan berbagai cara. Kini media luar ruangan seperti spanduk, baleho milik caleg dan calon DPD, memenuhi hampir semua sudut.

Cara ini menurut Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Husin Yazid, memang cukup efektif untuk meningkatkan populeritas. “Populeritas akan mempengaruhi elektabilitas, elektabilitas akan mempengaruhi tingkat keterpilihan. Karenanya wajar, jika saat ini media kampanye luar ruangan tersebut sangat dioptimalkan caleg dan calon anggota DPD, untuk mensosialisasikan diri mereka,” kata Husin.

Namun sayangnya sebut cucu salah satu Pasirah di Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) ini, banyak caleg justru memasang atribut kampanye luar ruangan itu, tidak memperhatikan efektifitasnya.

Maksudnya, berbagai atribut tersebut terkesan sembarangan dipasang tanpa menghitung apakah efektif akan bisa meningkatkan populeritas atau tingkat keterkenalan caleg tersebut kepada konstituennya.

“Media kampanye luar ruangan ini, sering dipasang asal-asalan. Kesannya, yang penting terpasang, padahal itu tidak efekif. Harusnya di petakan, daerah mana yang diprakirakan bisa menjadi basis massa mana yang bukan. Dengan begitu, bisa penempatan media kampanye luar ruangan ini lebih efektif,” ucap pria asal Tanjung Atap, Kecamatan Tanjung Batu, OI itu.

Bahkan sebut Husin, tak jarang media kampanye luar ruangan tersebut justru dipasang serampangan bahkan ada yang menempel di pohon, dan fasilitas publik. Cara-cara seperti ini menurutnya, justru akan mengurangi simpati masyarakat.  “Karena itu, pandai-pandailah memanfaatkan media kampanye luar ruangan. Tidak perlu banyak, yang penting efektif,” sarannya.

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster