Pemkab Siapkan 1000 Lampu Jalan

Ilst. Lampu jalan

Ilst. Lampu jalan

PALI | KS-Sudah jadi rahasia umum, saat ini jalan umum ditengah pemukiman di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) senantiasa gelap gulita. Penerangan dijalan-jalan hanya mengandalkan lampu yang ada dirumah-rumah penduduk atau lampu kendaraan.

Saat malam kian larut, ketika warga memadamkan lampu dirumah, jalan raya pun berubah jadi ‘kuburan’. Sepi dan gelap.

Jangan dipelosok desa, ditengah kota Talang Ubi saja banyak yang masih gelap. Meskipun ditiang listrik ada lampu, namun saat malam tanpa cahaya. Kebanyakan lampu-lampunya sudah rusak.

Bulan ramadhan mendatang, kondisi ini tidak akan terjadi lagi. Lampu-lampu jalan ditengah pemukiman akan kembali menyala. Sehingga pemukiman gelap tidak akan terjadi lagi.

“Mulai April nanti, kita sudah mulai memasang lampu jalan. Setidaknya bulan ramadhan nanti akan ada perbedaan,” kata Ir H Heri Amalindo MM saat ditemui KabarSumatera di Talang Ubi, Selasa (11/2).

Mengingat masih banyak daerah yang belum diterangi lampu jalan, pemkab akan mengadakan 1000 lampu yang akan disebar keseluruh pelosok. “Jadi bukan cuma di kota Talang Ubi saja, seluruh kecamatan dan desa akan kebagian,” tambah Heri.

Menurut Heri, awalnya Pemkab memasang target seluruh jalan dipasangi lampu. “Sudah kita hitung, dibutuhkan sekitar 8.000 lampu untuk menerangi seluruh jalan,” ujarnya.

Namun, lantaran anggaran APBD masih terbatas, tahun pertama hanya dipasang seribu lampu dulu. “Kita harus memikirkan infrastruktur jalan yang menjadi target utama kita. Nanti jalannya terang tapi masih becek kan percuma,” tutur Heri.

Meski demikian Heri meyakinkan, pada tahun-tahun mendatang pemasangan lampu jalan akan terus dilakukan. “Tahun ini seribu, berikutnya dua ribu dan seterusnya. Lama-lama seluruh jalan akan terang. Yang penting kita dahulukan daerah pemukiman padat. Biar warga merasa lebih aman” tambah mantan kepala Dinas PU Sumsel ini.

Untuk tahun 2014 ini, dari Rp 307 Milyar APBD Kabupaten PALI, Rp 115 Milyar dihabiskan untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak. Dalam berbagai kesempatan, Heri Amalindo selalu berpesan akan memprioritaskan perbaikan jalan guna memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com