Jaga Keasrian Alam, Giatkan Tanam Bibit Pohon

 271 total views,  2 views today

Ilustrasi | Kompas.com

Ilustrasi | Kompas.com

PAGARALAM, KS—Sebagai langkah pemanfaatan lahan kosong  untuk menjadi ruang terbuka hijau, seperti dikawasan Komplek Perkantoran Gunung Gare, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam dalam hal ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) intensifkan program pengembangan ruang terbuka hijau.

“Melalui penanaman pohon pelindung di sejumlah lahan kosong hingga tepi jalan dilakukan guna mencegah pemanasan global (Global Warming) berikut menguranggi efek karbondioksida yang bebas diudara,” kata Kepala Dishutbun Kota Pagaralam, Ir Sarbani, Selasa (11/2).

Menurutnya, upaya mengiatkan penanaman pohon pelindung dilakukan agar keasrian alam sekitar terutama di Komplek Perkantoran Gunung Gare tetap selalu terjaga.

Penanaman sejumlah bibit pohon pelindung pada lahan kosong yang ada disekitar perkantoran menjadi pengembangan ruang terbuka hijau. Apalagi saat ini perubahan iklim yang ada sudah tidak menentu dan mulai dirasakan.

“Guna menjaga keasrian lingkungan sekitar, kita intensifkan penanaman bibit  pohon seperti bibit bambang, mahoni, afrika dan tenam. Semua ini dilakukan sebagai  bentuk pencegahan pemanasan global dan berdidikasi pada kawasan ramah lingkungan dengan memanfaatkan secara efektif dan efisien sumber daya

air dan energi, mengurangi limbah, menerapkan transportasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan, serta mensinergikan lingkungan alami maupun lingkungan buatan,” kata Sarbani.

Lanjutnya, untuk memanfaatkan ruang terbuka hijau itu sangatlah dibutuhkan khususnya menghadapi kondisi iklim yang sudah tidak menentu sekarang ini.

“Melalui ruang terbuka hijau pada Komplek Perkantoran Gunung Gare ini, selain sebagai bentuk rekreasi alam, dapat berguna pula sebagai peredam

gejolak alam seperti, bencana banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

 

Teks           : Antoni Stefen

Editor       : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster