Puskesmas Tak Ada Ambulance

 314 total views,  2 views today

ambulan

KAYUAGUNG I KS-Minimnya fasilitas kendaraan operasional Puskesmas dan Puskesdes di Kecamatan Pangkalan Lampam dan Tulung Selapan Kabupaten OKI sangat dikeluhkan warga. Pasien yang membutuhkan kendaraan operasional terpaksa menyewa mobil pribadi milik warga.

Kondisi ini sudah berlangsung tahunan pasca rusak parahnya 1 unit mobil Ambulance yang dimiliki Puskemas Pangkalan Lampam dan Tulung Selapan. Warga yang memiliki mobil pribadi harus rela mobilnya dirental keluarga pasien yang hendak dirujuk dari Puskesmas ke RSUD Kayuagung atau rumah sakit di Palembang.

M Taufik SSos selaku Camat Pangkalan Lampam kemarin mengatakan, sudah lama mobil Ambulance di Pangkalan Lampam hanya terparkir di halaman Puskesmas karena rusak parah dan mogok. Puskesmas tidak memiliki anggaran untuk menservis mobil itu karena membutuhkan dana yang tidak sedikit.

“Jadi Puskesmas Pangkalan Lampam dan Tulung Selapan bekerjasama dalam menyiapkan mobil Ambulance yakni menyewa mobil pribadi warga. Mobil pribadi milik warga di 2 kecamatan ini dijadikan mobil Ambulance dengan cara sewa/carter,”kata Taufik yang sebelumnya menjabat Kasi di kecamatan tersebut.

Mewakili warga Pangkalan Lampam dan Tulung Selapan, Camat meminta Pemkab OKI agar secepatnya menyediakan mobil Ambulance untuk masing-masing Puskesmas. Selain itu, warga juga mengeluhkan minimnya tenaga medis berupa dokter yang mengabdi di kedua kecamatan.

Kadinkes OKI M Lubis SKM langsung merespon dan memberikan harapan baik kepada warga. Dinkes OKI tahun ini siap mengganggarkan dana untuk pengadaan mobil Ambulance.

 

TEKS        : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster