Menjelang Pileg, Dewan Sumsel Kian Sepi

 252 total views,  2 views today

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

PALEMBANG, KS-Semakin mendekati Pemilihan Umum Legilatif (Pileg), gedung DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), kian sepi. Pantauan Kabar Sumatera, Senin (10/2), terlihat hanya ada dua wakil rakyat yang berada di gedung megah tersebut.

Sementara semua ruang yang ada di DPRD Sumsel, baik ruang komisi, fraksi maupun ruang pribadi masing-masing anggota dewan, tampak lengang.  Kondisi ini, bukan hanya terjadi kemarin, namun sudah berlangsung cukup lama.

Wakil Ketua DPRD Sumsel, HA Djauhari yang dibincangi di ruang kerjanya, tidak menampil hal tersebut. Namun menurutnya sepinya anggota dewan itu bukan karena sibuk dengan aktivitas pencalegan mereka, tetapi berkaitan dengan kerja sebagai anggota dewan.

“Saat ini, masing-masing komisi di DPRD Sumsel sedang melakukan kunjungan kerja ke luar provinsi. Kepergian mereka juga, bukan untuk berleha-leha, melainkan melaksanakan tugasnya sebagai anggota dewan juga,” kata Djauhari.

Mengenai banyaknya dewan yang jarang ngantor, menjelang pileg menurut politisi Partai Demokrat itu, dikarenakan sebagian besar anggota dewan yang saat ini masih menjabat, kembali mencalonkan diri sebagai anggota dewan untuk priode 2014-2019.

Oleh sebab itu, mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadapi pesta demokrasi tersebut, salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. ”Karena waktunya tinggal 50-60 hari lagi, maka mereka memanfaatkan waktu yang sedikit itu untuk sosialisasi. Saya sendiri baru pulang dari beberapa daerah di wilayah pemilihan Sumsel I,” ujar caleg DPR RI dari Partai Demokrat itu.

Hanya saja, lanjut Djauhari, untuk melakukan sosialisasi, anggota dewan harusnya mengajukan izin ke fraksi. ”Nanti fraksi akan menyampaikan permohonan izin tersebut ke pimpinan dewan, dan diproses oleh sekwan. Biasanya izin ini hanya untuk 3-4 hari kerja,” jelas Djauhari.

Sementara itu anggota dewan lainnya, Iskandar Samuel mengatakan, gedung dewan sepi karena semua komisi di DPRD Sumsel, sedang melakukan kunjungan kerja bersama mitra komisi. ”Tidak lama, paling hanya beberapa hari,” tukasnya.

 

TEKS               : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster