Memerangi Narkoba

 180 total views,  2 views today

ilustrasi (foto: Thinkstock)

ilustrasi (foto: Thinkstock)

Peredaran dan sasaran narkoba dari hari ke hari makin mengkhawatirkan. Hingga kini yang menjadi pemakainya bukan hanya kalangan dewasa tetapi juga sudah merambah kepada anak-anak usia sekolah.

Kondisi ini jelas sangat merisaukan kita semua sebagai orangtua. Sebab anak-anak yang kita harapkan menjadi generasi penerus perjuangan bangsa bisa hancur masa depannya kalau mereka sudah kecanduan narkoba.

Oleh karena itu wajar kalau Badan Narkotika Kota Palembang memulai kampanye anti narkoba ke lembaga pendidikan mulai dari level SMP dan SMA di wilayah ini. Dengan kampanye ini diharapkan para siswa terhindar dari barang haram tersebut. Sebab kalau sudah memakai barang haram tersebut maka akan sangat mungkin kecanduan dan akan sangat sulit untuk terlepas dari ketergantungannya.

Menurut Sekretaris BNK Palembang Ismail Ishaq, pihaknya sudah sejak Januari 2014 lalu menyosialisasikan kepada siswa-siswi SMP dan SMA untuk menjauhi narkoba. Melalui kampanye anti narkoba tersebut pihaknya secara rutin mendatangi sekolah-sekolah di Kota Palembang. Pada kesempatan itu pelajar diingatkan untuk menjauhi beragam jenis narkoba yang marak beredar di kalangan mereka. Sebab sampai kini pelajar masih menjadi sasaran utama pengedar barang haram tersebut untuk meningkatkan penjualan. Bukan hanya sasaran pemakai tetapi pelajar juga target menjadi pengedar narkoba. Kondisi seperti itu jelas mencengangkan semua kita. Bayangkan kalau para pelajar sudah menjadi pengedar narkoba jelas akan makin banyak pelajar lain yang tergiur dan terjebak untuk memakainya. Tidak terbayangkan kerusakan missal generasi ini jika mereka tidak bias lepas ketergantungan dari barang haram ini. Sebab efek yang menimpa mereka dampak negatifnya jelas-jelas mengenai jiwa raga. Jiwa mereka porak poranda karena ketika ketagihan narkoba maka mereka tak bias membedakan lagi mana baik dan mana yang buruk.

Tak bisa lagi membedakan mana yang halal dan mana yang haram. Lebih dari itu tak segan-segan mereka juga melakukan berbagai tindak kriminal yang sangat mengerikan. Kita sangat mendukung kampanye anti narkoba yang rutin dilaksanakan di sekolah-sekolah. Kita juga optimistis semoga kampanye tersebut mampu membersihkan pelajar di Kota Palembang dari beragam barang yang memabukan itu. Apalagi langkah tersebut bukan hanya dalam bentuk sosialisasi yang disampaikan kepada pelajar. Tetapi razia rutin juga akan dilaksanakan di sekolah-sekolah. Sejak Januari sebanyak empat sekolah telah didatangi dari 75 SMP dan SMA yang menjadi target kampanye anti narkoba. Untuk melaksanakan semuanya programnya BNK Palembang mendapat alokasi dana senilai Rp2 miliar untuk kegiatan penanggulangan narkoba. Kita berharap dana itu dapat berfungsi efektif bagi pemberantasan narkoba di kalangan pelajar, remaja dan usia produktif lainnya. (Sarono P Sasmito)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster