Gunung Api Aktif Tergantung Alam

 395 total views,  2 views today

PAGARALAM KS-Termasuk diantara sebanyak 127 gunung api aktif di indonesia, Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagaralam, Sumatera selatan sejauh ini berada dalam Level 1 aktif dan normal.

Kendati demikian, GAD juga tidak bisa dikaitkan atau ada hubunganya dengan gunung api lain termasuk dalam peristiwa meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan meningkatkan aktivitas Gunung Kelud di Jawa Timur.

“Bencana meletusnya gunung api itu tergantung faktot alam dan tidak bisa diprediksikan,” ujar staf Pos Pemantau GAD Mulyadi, Senin (10/2).

Menurutnya, secara visual kondisi cuaca selama Januari 2014,  Gunung Api Dempo Kota Pagaralam tampak jelas pada pagi hari.

“Sedangkan pada saat siang  menjelang malam hari tampak kurang jelas, karena cuaca yang ada kebanyakan mendung dan tertutup kabut tebak,” jelasnya.

Lanjutnya, intensitas curah hujan tergolong tinggi atau sekitar 23 Kali dengan kriteria hujan gerimis hingga deras diiringgi angin bertiup dari barat hingga timur dengan kriteria perlahan hinga deras. Sedangkan faktor alam lainnya, tercatat terjadi sebanyak 7 kali gempa.

“Berdasarkan hasil pegamatan Pos Pemantau GAD, tidak ada gejala penigkatan atau perubahan yang begitu mencolok baik secara visual maupun siesmik dan statusnya Normal pada level 1,” katanya.

Mski begitu kata Mulyadi, adanya gejolak alam di sejumlah gunung api aktif lainnya tidak ada kaitan dengan gunung api yang ada, walaupun Gunung Api Dempo termasuk dalam gugusan bukit barisan.

“Meletusnya gunung api tergantung pada kondisi alam yang ada dan tidak bisa dprediksikan,” tegasnya serya berujar mengingat setiap jam bahkan dalam hitungan menit pun keadaanya bisa berubah.

Ia menambahkan, sejauh ini pihaknya hanya sebagai pemantau dan hanya bisa melaporkan berdasarkan alat siesmograf kepada BNPB jika sewaktu-waktu kondisi GAD statusnya berubah.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster