Ada Ladang Ganja di Muba

 195 total views,  2 views today

Ilustrasi Daun Ganja

Ilustrasi Daun Ganja

SEKAYU, KS-Ditengah belantara hutan di perbukitan di Kabupaten Musi Banyuasin, tepatnya di Desa Tebing Bulan, Kecamatan Sungai Keruh, ternyata ada ladang ganja. Di kawasan itu, terdapat tiga titik ladang ganja dengan luas berbeda-beda.

Terbongkarnya semua itu, berawal dari informasi dari masyarakat yang masuk ke Unit Intel Kodim 0401 Muba. Informasi ini pun langsung ditindaklanjuti. Anggota TNI dari Kodim Muba dipimpin Kapten Inf Heru Winardi, menyisir lokasi tersebut.

Hasilnya, informasi itu benar adanya. Ada tiga ladang ganja yang ditemukan, salah satunya seluas 45 meter kali 10 meter. Di ladang itu, ada 21 batang ganja yang memiliki ketinggian sekitar 115 cetimeter dan siap panen.  Tanaman terlarang itu, diprakirakan sudah berusia sekitar dua tahun.

“Ladang-ladang itu, tertutup oleh semak belukar. Untuk menuju ke lokasi, sangat sulit.  Karena selain tertutup semak belukar, juga banyak ranjau yang sengaja dibuat pemiliknya menggunakan bambu yang ditanam di dalam lubang yang ditutupi daun-daunan,” kata Kapten Inf Heru Winardi, Senin (10/1).

Siapa pemiliknya ? belum bisa memastikan. Namun menurut dia, ada seseorang dengan inisial R, yang diduga pemilik ladang-ladang ganja tersebut. Sayangnya R, tidak berhasil diamankan.

“Saat kita mendatangi kediaman R, ia tidak ada lagi di rumah. Diduga ia sudah kabur, setelah mengetahui ladang ganja miliknya ditemukan oleh kita,” kata Komandan Unit Intel Kodim Muba, Lettu Inf Haidar.

Saat ini barang haram tersebut menurutnya, sudah diserahkan ke Kepolisian Resort (Polres) Muba, untuk ditindaklanjuti.  Kepala Satuan  (Kasat) Narkoba Polres Muba, AKP Iwan Wahyudi yang dibincangi terpisah, membenarkan adanya temuan ladang ganja oleh anggota Kodim Muba tersebut.

Menurutnya, saat ini barang bukti (BB) sudah diamankan. “Kami juga bersama Polsek setempat dan Camat Sungai Keruh sudah ke lokasi. Untuk mencapai lokasi, memang sangat sulit,” ucapnya.

Ia memastikan, temuan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Polres Muba untuk mencari siapa pemilik ladang haram tersebut. “Kami belum bisa memastikan pemiliknya, kasus ini akan kami kembangkan,” tukasnya.

 

TEKS               : BAGUS SANTOSO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster