Ratusan Siswa Bagi-bagi Seragam

 561 total views,  2 views today

Camat Padamaran Timur Iskandar menyerahkan bantuan seragam sekolah SD kepada siswa kurang mampu

Camat Padamaran Timur Iskandar menyerahkan bantuan seragam sekolah SD kepada siswa kurang mampu

KAYUAGUNG I KS-Sebanyak 140 siswa kurang mampu tingkat sekolah dasar (SD) di 7 desa dalam Kecamatan Pedamaran Timur (Petir) Kabupaten OKI, mendapatkan bantuan seragam sekolah dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Pedesaan  Kecamatan Pedamaran Timur.

Para siswa yang menerima bantuan ini berasal dari berbagai sekolah dasar dalam 7 desa, dimana setiap desa mendapatkan bantuan masing-masing 20 orang pelajar, Penyerahan Seragam Sekolah ini berupa Baju Kemeja, Celana/Rok, Dasi dan Topi dan dilaksanakan di Balai Desa Sumber Hidup Kecamatan Pedamaran Timur, kemarin.

Ketua Panitia, Ade Suparman, Ahad (9/2) mengatakan, bantuan yang diberikan kepada para siswa kurang mampu ini merupakan surplus dari usaha kegiatan Simpan Pinjam Khusus Perempuan Kecamatan Pedamaran Timur yang disepakati dalam  Musyawarah Forum musyawarah  antar desa yang menginginkan agar memberikan bantuan seragam sekolah bagi siswa yang kurang mampu.

“Data siswa ini kita dapat dari sekolah-sekolah kemudian kita lakukan verifikasi ulang oleh TIM Verifikasi agar siswa penerima bantuan tersebut betul-betul layak menerimanya.” Ujar Ade yang menjabat juga Sebagai Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pedamaran Timur

Dikatakannya, dengan adanya Penyaluran dana sosial ini menunjukkan bahwa kegiatan Simpan Pinjam Khusus Perempuan ini adalah Kegiatan yang bukan hanya sekedar mengejar keuntungan semata melainkan sebagian jasa yang diperoleh tersebut diperuntukkan untuk membantu masyarakat miskin yang ada diKecamatan Pedamaran Timur.

Keberhasilan BKAD dan UPK mendapatkan surplus dari kegiatan simpan pinjam khusus perempuan ini merupakan bentuk keberhasilan dari pembinaan kelompok dan pengelolaan dana bergulir serta peran serta kelompok ibu-ibu spp yang sadar akan kewajibannya dalam pengembalian pinjamannya.

“Semoga dengan bantuan dari dana Sosial ini dapat membantu meringankan beban dari orang tua serta peningkatan bidang pendidikan itu sendiri,” cetusnya.

Camat Pedamaran Timur, Iskandar yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat miskin terutama bagi siswa-siswi kita yang kurang mampu, dengan pemberian seragam sekolah ini paling tidak mengurangi beban untuk dapat membeli seragam sekolah untuk anaknya.

“Harapan kita semoga kegiatan serupa dapat terlaksana kembali ditahun-tahun mendatang tentunya dengan peran serta seluruh masyarakat Kecamatan Pedamaran Timur khususnya kelompok-kelompok SPP,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua UPK Kecamatan Pedamaran Timur, Dwi Umayanti, SE, menjelaskan  perkembangan Dana Bergulir SPP UPK Kecamatan Pedamaran Timur melalui Jasa SPP yang diperoleh di tahun 2010 dan 2011 mendapatkan Surplus untuk Kegiatan Dana Sosial sebesar RP. 58.329.800.

Kegiatan Simpan Pinjam Khusus Perempuan Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir Berawal dengan Modal Awal BLM SPP  Tahun 2008 sebesar Rp. 237.500.000 dan ditambah dengan Modal BLM SPP Tahun 2009-2011 sebesar Rp. 1.140.000.000 dengan Total Modal Rp. 1.377.500.000, kini sampai dengan Tahun 2014 sudah berkembang menjadi Rp. 2.340.756.000.

Jumlah tersebut merupakan jumlah Saldo yang berada Di Masyarakat. Peningkatan modal tersebut cukup baik dengan partsisipasi masyarakat sebanyak 7 desa.

 

TEKS             : DONI AFRIANSYAH

EDITOR       : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster