Pengawasan di TPS Diperketat

 212 total views,  2 views today

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

*Bawaslu Bakal Terjunkan Mitra PPL

PALEMBANG, KS-Pengawasan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) mendatang, dipastikan bakal kian ketat. Pasalnya, selain Panitia Pengawas Lapangan (PPL), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga akan menerjunkan mitra PPL.

Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya menyebut, nantinya disetiap TPS akan diawasi oleh dua orang PPL dan dua orang mitra PPL. “Untuk kepastian penempatan mitra PPL ini, kita masih membutuhkan persetujuan dari,” jelas Andika yang dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, mitra PPL tersebut saat ini baru wacana di Bawaslu dan menunggu persetujuan dari DPR. Bawaslu Sumsel kata Andika, sampai saat ini masih menunggu petunjuk teknis (juknis) nya.  “Semoga mitra PPL ini bisa disetujui DPR, agar kami memiliki infrastrukltur di seluruh TPS,” sebut Andika.

Jika ini disetujui DPR maka kebutuhan mitra PPL di Sumsel, sekitar 34 ribu orang. Rekrutmen mitra PPL ini akan dilakukan, setelah ada kepastian. “Bawaslu Sumsel sifatnya menunggu, termasuk juga anggarannya. Kami hanya terima droping dari Bawaslu RI, ini masih dibahas,” ujarnya.

Sedangkan tugas mitra PPL ini urainya, adalah membantu tugas PPL. Dalam regulasi Bawaslu, mitra PPL bisa menerima formulir C1. Sebelumnya Andika juga mengatakan, Bawaslu Sumsel akan merekrut sebanyak 9.666 orang PPL.

Jumlah PPL di kabupaten dan kota sambungnya, akan disesuaikan dengan jumlah TPS. “Setiap kabupaten dan kota jumlah PPL berbeda, tergantung dengan banyaknya TPS dan letak geografis juga,” urainya.

Ia menuturkan, tugas PPL itu nantinya membantu tugas pengawas di tingkat kecamatan. Untuk honornya, setiap PPL akan menerima Rp 750 ribu perbulannya. Anggaran untuk membayar honor PPL ini, berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Tenaga PPL ini, akan kita rekrut dari unsur masyarakat yang tamat sekolah menengah atas (SMA) dan usia minimal 25 tahun. Selain itu, yang bersangkutan mengenal lokasi di daerah tempat dia ditugaskan,” tukasnya.

 

TEKS             : DICKY WAHYUDI

EDITOR       : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster