Ormas Dapat Kucuran Rp 16 M

 162 total views,  2 views today

Ilustrasi Ormas

Ilustrasi Ormas

PALEMBANG, KS-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan dana bantuan untuk Organisasi Masyarakat (Ormas). Tahun ini, bantuan yang akan dikucurkan untuk ormas di Sumsel sebesar Rp 16 miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kesatuan, Pembagunan dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Selatan (Sumsel), Ikhwanuddin saat dibincangi, kemarin. Ikhwanuddin mengatakan, bantuan dana ormas sebesar Rp16 miliar tersebut, diperuntukkan bagi seluruh ormas yang ada di Sumsel. “Adapun jumlah ormas yang telah mengajukan proposal bantuan dana ormas kekita yaitu sebanyak 460 ormas,” katanya, kemarin.

Namun, dari 460 ormas yang telah mengajukan proposal tersebut hanya sekitar 76 atau 78 ormas yang akan menerima bantuan dana tersebut. “Ya, sekitar 76-78 ormas yang betul-betul memenuhi syarat dan menjadi prioritas untuk dibantu. Sedangkan sisanya tidak dapat dibantu, karena ada yang tidak memenuhi syarat untuk dibantu dan ada yang memenuhi syarat tetapi tahun kemarin sudah dibantu,” ujarnya.

Ikhwanuddin menjelaskan, adanya ormas yang telah memenuhi syarat tapi tidak dapat menerima bantuan tersebut dikarenakan mematuhi peraturan. “Ada surat edaran dari Dirjen Keuangan, yang mengingatkan kita, untuk tidak mengalokasikan bantuan kepada ormas yang telah menerima bantuan pada tahun kemarin. Tapi pada tahun depan kemungkinan ormas tadi dapat menerima bantuan ini,” jelasnya.

Sementara untuk syarat ormas yang bisa mendapatkan bantuan tersebut menurut Ikhwanuddin, tidak berbeda seperti tahun sebelumnya. Hanya saja sebutnya, untuk tahun ini mengalami sedikit perubahan.

“Pemerintah memberikan klasifikasi atau tingkatan ormas yang berhak menerima bantuan yaitu tingkat nasional, tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota. Nah untuk menerbitkan SKP untuk tingkat provinsi ormas tersebut, harus memiliki 4-5 kepengurusan ormas atau sekitar 25 persen dari 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumsel,” ungkapnya.

Saat ditanya mengenai berapa besaran dana yang akan diterima masing-masing ormas yang telah memenuhi persyaratan atau yang diprioritaskan untuk dibantu, Ikhwanuddin mengatakan bahwa masing-masing ormas akan menerima bantuan dana secara beragam atau berbeda-beda antara ormas yang satu dengan ormas yang lainnya.

“Ya, ada ormas yang menerima Rp50 juta, Rp75 juta, Rrp100 juta, pokoknya sesuai dengan pengajuan yang diajukan mereka,” katanya seraya menambahkan ormas yang belum memiliki kepungurusan 4-5 di kabupaten/kota tapi telah terdaftar di Kesbangpol dan memenuhi persyaratan untuk dibantu dapat sambil jalan untuk memenuhi hal tersebut.

 

TEKS               : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster