Kukar Belajar Ke Sumsel

 234 total views,  2 views today

Ilustrasi Film

Ilustrasi Film

*Pengembangan Potensi Film Daerah

PALEMBANG, KS-Mulai menggeliatnya industri perfilman Indonesia, terutama yang berkaitan pengenalan budaya di Sumsel, ternyata dilirik oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur.

Daerah yang dulunya dikenal dengan sebutan Borneo ini, belajar tentang penganggaran pembuatan berbasis kearifan lokal di Sumsel. Mereka juga ingin, mempelajari bagaimana tips serta metode yang selama ini dilakukan Pemprov Sumsel, mulai dari rancangan, proses hingga pasca produksi, termasuk promosi yang dilakukan.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kutai Kartanegera, Sri Wahyuni menilai, Sumsel cukup apik saat menggarap film dokumenter yang mengangkat epik laga, tanpa mengesampingkan budaya lokal mereka.

“Film yang sudah selesai penggarapannya yakni Pengejar Angin dan Gending Sriwijaya. Dua sinema ini cukup tinggi antusiasnya di daerah kami. Makanya, kami juga ingin melakukan hal serupa,” ujarnya di Pemprov Sumsel, kemarin.

Menurutnya, Kutai Kartanegara juga mempunyai sejarah yang bisa diangkat dalam industri perfilman Indonesia. Tak hanya itu, Kukar pun sekarang sedang berkembang menjadi daerah wisata.

Ia menilai, media film merupakan salah satu media yang cukup efektif untuk mempromosikan daerah. Cerita sejarahnya bisa diambil, kehidupan masyarakatnya juga bisa diambil.

“Sekarang kami ingin tahu seperti apa pembuatan film yang didanai oleh APBD, bagaimana mekanismenya, lelangnya dan apa saja yang harus disiapkan. Tentunya, dengan silaturahmi disini (Sumsel), kita bisa ambil banyak pelajaran,” tukasnya.

 

TEKS               : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster