BPBD OKUS Bersiap Hadapi Bencana

 183 total views,  2 views today

 

 latihan pra simulasi penanggulangan bencana.

latihan pra simulasi penanggulangan bencana BPBD OKU Selatan

*Gelar Latihan Gabungan

MUARADUA, KS-Kabupaten OKU Selatan termasuk salah satu daerah di Sumatera Selatan (Sumsel), yang rawan bencana. Pasalnya secara geografis daerah ini, merupakan daerah perbukitan. Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan, terus bersiaga menghadapi bencana.

Untuk memastikan kesiapan personilnya menghadapi bencana, BPBD OKU Selatan latihan pra simulasi penanggulangan bencana. Kegiatan ini menurut  Kepala BPBD OKU Selatan, Mahfi Abubakar, adalah latihan gabungan yang melibatkan  personil BPBD, TNI, Polri, SKPD terkait, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tagana yang akan dipusatkan di halaman Mapolsek Muaradua.

“Latihan pra simulasi ini, dilakukan sebagai persiapan kegaiatan simulasi penanggulangan bencana alam, non alam dan sosial yang akan di selenggarakan pada puncaknya pada Maret mendatang di Kecamatan Banding Agung,” kata Mahfi, kemarin.

Dalam latihan tersebut sambungnya, akan melibatkan 100 orang relawan inti dan cadangan yang disiapkan untuk membantu kegiatan penanggulangan bencana di Indonesia, terutama di OKU Selatan.

“Kenapa ini kita selenggarakan, karena OKU Selatan merupakan salah satu daerah yang memilki tingkat kerawanan bencana tinggi, sehingga personil harus melakukan tindakan antisipasi sejak dini.  Jangan sampai ketika terjadi bencana, ada peralatan yang tidak bisa digunakan,” ujar Mahfi.

Selain melakukan latihan, BPBD OKU Selatan sambungnya juga setiap bulannya selalu mengecek kondisi peralatan evakuasi bencana, mulai dari tenda posko, mesin pengolah air kotor menjadi siap minum termasuk mengasah kesiapanserta kesigapan personil dalam menghadapai bakal bencana alam yang akan terjadi,” ujarnya.

Karenanya dalam kegiata pra simulasi nanti bebernya, akan diperagakan bagaimana langkah evakuasi, yang dilakukan pesonil tim SAR ketika terjadi bencana, dimulai dengan mendirikan tenda posko pengungsian, mengecek mesin pengelolaan ir kotor menjadi air siap minum, memeriksa peralatan kendaraan yang dilengkapi dapur memasak untuk tim SAR dan masyarakat di lokasi bencana, yang menyiapkan semua peralatan alat evakuasi bencana. “Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengukuhan relawan BPBD OKU Selatan,” tukasnya.

 

TEKS              : FITRI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster